Ganjar Sebut Ada Tiga Godaan Profesi Dunia Jurnalistik

Ganjar Sebut Ada Tiga Godaan Profesi Dunia JurnalistikSEMARANG (Asatu.id) – Pers saat ini mendapat tantangan untuk mempertahankan martabatnya sebagai salah satu pilar demokrasi. Tidak sekadar pergerakan menangkal hoaks, pers juga dituntut menjaga netralitas menjelang Pemilihan Umum (Pemilu).

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai menjadi keynote speaker talk show “Media, Keragaman dan Tahun Politik” di kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng, Senin (11/2).

Menurut Ganjar, saat ini ada tiga godaan profesi pada dunia jurnalistik, yakni unsur politik, relasi sosial dan emosional serta unsur ekonomi. “Betapa sulitnya pers saat ini karena ditarik kanan-kiri,” ucapnya.

Padahal, lanjut Ganjar, tiga hal itu menjadi medan pergerakan pers. Di sisi lain, pers juga diuji integritasnya untuk menyajikan fakta yang berimbang. Hal tersebut disebutnya sebagai godaan iman jurnalistik.

“Pers kita hari ini mendapatkan tantangan dan godaan iman yang luar biasa. Bisakah tetap berdiri tegak di tengah, bisakah selalu menyeimbangkan seluruh berita, bisakah selalu memberikan berita yang clean and clear, tidak hoaks,” ujarnya.

Maka di tahun politik ini, Ganjar berpesan, pers harus mampu menghindari godaan tersebut. Sebagai pilar demokrasi, masyarakat tentu berharap pers mampu menjalankan fungsinya sebagai lembaga pengontrol secara maksimal. Profesionalitas menjadi hal yang tidak bisa ditawar oleh wartawan untuk menjaga martabat.

Bersama PWI, kata gubernur, Pemprov Jateng terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan integritas wartawan. Salah satunya dengan melaksanakan uji kompetensi wartawan.

“Kalau ada yang keliru bisa diluruskan, kalau ada yang salah dibenarkan, kalau ada yang positif disampaikan tanpa harus nyinyir. Inilah tantangan pers hari ini. Tantangan ini tidak bisa kita hindari, harus kita hadapi,” tegas mantan anggota DPR RI ini.(IS)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *