Walikota Dorong Generasi Milenial Berwirausaha

SEMARANG (Asatu.id) – Walikota Semarang Hendrar Prihadi mendorong generasi milenaial untuk berlatih berwirausaha. Hal ini sekaligus melatih mental para pemuda untuk bersikap mandiri dengan membangun usaha sendiri, dan tidak bergantung pada lowongan kerja.

“Kalau hari ini kita ngomong jumlah tenaga kerja, jumlahnya tidak sebanding dengan lowongan kerja. Contohnya penerimaan CPNS, baru lalu, dibuka lowongan 300, yang daftar 6.000. Jadi kita ajarkan anak boleh sekolah tinggi tapi jangan didoktrin jadi pegawai,” katanya, saat berdialog dengan warga di Kelurahan Karangroto, Minggu (10/1).

Lebih lanjut, Hendi sapaan akrab Walikota itu mengungkapkan, generasi sekarang yang sering disebut generasi milenial, bisa menghasilkan rupiah yang tidak sedikit dengan bermodal hp atau komputer.

“Sekarang jamannya generasi milenial. Dari hp dan komputer bisa sugih atau kaya. Tentu ada caranya,” ungkapnya.

Kota Semarang sendiri, lanjut Hendi,  mensuport wirausaha dengan menyediakan pelatihan gratis dan kemudahan modal usaha.

“Ada yang namanya kewirausahaan. Di pemkot ada balai latihan kerja, pelatihan manajemen, dan keahlian. Untuk bantuan modal ada yang namanya kredit wibawa atau wirausaha bangkit juara. Bunganya hanya 3% per tahun. Besarnya Rp 5 juta  tanpa agunan sampai dengan Rp 20 juta dengan agunan,” imbuhnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *