Tiga Dosen Udinus Ajak Para Santri Pelajari IT

Tiga Dosen Udinus Ajak Para Santri Pelajari ITSEMARANG (Asatu.id) – Tingkatkan kemampuan santri Pondok Pesantren Raudhatul Qur’an Semarang dalam dunia komputer, tiga dosen Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) melakukan pelatihan  Teknologi Informasi dan Komputer di laboratorium gedung D2A Udinus, 6-7 Februari 2019.

Pelatihan yang merupakan pengabdian kepada masayarakat ini diketuai oleh Dr. Pulung Nurtantio Andono, ST, M.Kom dan beranggotakan Fauzi Adi Rafrastara,M.Cs dan Abdussalam,M.Kom.

Sekitar 40 santri mengikuti kegiatan tersebut. Mereka dibekali berbagai pengetahuan terkait dunia komputer mulai dari pemasangan hardware komputer secara virtual hingga penggunaan internet secara benar.

Wakil Rektor IV bidang Riset dan Kerjasama sekaligus sebagai pengisi di sesi pelatihan penggunaan internet, Dr. Pulung Nurtantio Andono, ST, M.Kom mengatakan, tujuan kegiatan tersebut sebagai sarana memberikan pelatihan dan pengabdian Udinus terhadap masyarakat kota Semarang.

Dia menjelaskan, para santri juga diajarkan pemasangan hardware secara virtual menggunakan aplikasi Sisco agar menambah ilmu dunia IT.

“Kami ajarkan berbagai hal selama 2 hari yang dimulai hari ini hingga besok. Kami ingin mereka juga tahu seluk beluk dunia IT mulai dari hal dasar yakni perakitan Personal Computer (PC) hingga pengetikan menggunakan 10 jari. Ini bisa memudahkan saat mereka mengerjakan tugas dan sebagainya,” ujarnya saat memberikan keterangan mengenai pelatihan tersebut, Rabu (6/2).

Menurutnya, generasi muda sekarang ini harus mengerti dan memahami dunia IT karena pada era milenial sudah menggunakan teknologi dalam aktivitas sehari-hari.

Para santri lantas diajak untuk melek teknologi dalam cakupan teknologi yang  sederhana dan dibutuhkan dalam keseharian.

“Kami ingin mengajak generasi milenial juga paham hal-hal dasar di dunia IT. Melalui pelatihan ini mereka bisa terbantu dan berani untuk mempelajari dunia IT karena teknologi menjadi hal yang mendasar pada era sekarang dan selanjutnya,” ungkapnya.

Para peserta terlihat antusias mengikuti dan mendengarkan arahan dari tim pengabdian masyarakat Udinus yang dipimpin oleh Dr. Pulung Nurtantio Andono, ST, M.Kom.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya  pertanyaan yang dilontarkan kepada para dosen yang memberikan pelatihan Teknologi Informasi dan Komputer.

Sementara itu, Kahumas Udinus, Agus Triyono, S.Sos ,Msi menegaskan kegiatan yang berbasis pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat menambah kesadaran generasi milenial agar melek akan dunia teknologi.

“Hal ini merupakan kontribusi Udinus untuk masyarakat sekitar, agar dapat saling bersimbiosis mutualisme menambah ilmu terkait dunia teknologi,” jelas Agus.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *