PTP Gunung Ungaran, Kegiatan Tanam dan Rawat

SEMARANG (Asatu.id) – Kegiatan tanam pohon di Gunung Ungaran oleh sekitar 5.000 pecinta alam dalam kegiatan 1001 Pendaki Tanam Pohon (PTP) Gunung Ungaran, tidak sekadar menanam namun akan ada pemeliharaan lanjutan.

Ketua Harian SAR Daerah (Sarda) Jateng, Yustinus Perbowo Cahyono mengatakan, pihaknya menekankan kegiatan tersebut merupakan tanam dan rawat.

Dia mengakui sebelumnya telah banyak kegiatan serupa, yakni melakukan penanaman pohon, namun tidak ada pemeliharaan dan pengawalan lanjutan.

“Dengan kegiatan tanam yang dilakukan kali ini, diharapkan benar-benar bermanfaat sebagai sabuk gunung atau pelindung tangkapan air di Gunung Ungaran,” harapnya.

Yustinus Perbowo melanjutkan, dalam kegiatan PTP ke-5 ini diperkirakan akan diikuti oleh 5.000 relawan. Menurutnya, dalam aksi tanam kali ini ada yang istimewa, karena akan disuport dari KNPI Peduli Jateng, DPD KNPI Jateng bersama organisasi yang tergabung di dalamnya.

“Kegiatan tahun-tahun sebelumnya bisa mencapai 4.000 peserta (relawan), dengan kehadiran dari teman-teman, sedulur KNPI Jateng akan tambah ramai dan semarak bisa tembus 5.000 orang, syukur bisa lebih,” tukasnya penuh optimis.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Jateng, Tino Indra Wardono mengaku siap sinergi bareng dan menyuport kegiatan PTP ke-5 yang dikoordinir Pengurus Sarda Jateng bersama organisasi pecinta alam dan lingkungan.

“Saya mengajak seluruh pemuda Jawa Tengah untuk ikut berpartisisapi dalam kegiatan tersebut. Menanam itu keren lho gaes! Ayo hijaukan Jawa Tengah, Indonesia. Mari jaga bumi kita dan lingkungan kita,” ajaknya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *