5.000 Pecinta Alam Siap Tanam Pohon di Gunung Ungaran

SEMARANG (Asatu.id) – Sebanyak 5.000 pecinta alam yang menamakan diri dari SAR Daerah (Sarda) Jateng, KNPI Peduli Jateng dan beberapa komunitas pecinta alam dan lingkungan, yang tergabung dalam 1001 Pendaki Tanam Pohon (PTP) Gunung Ungaran akan melakukan aksi tanam pohon di Gunung Ungaran Sektor Promasan.

Ribuan pohon itu akan ditanam di Desa Ngresepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal pada Sabtu (9/2) hingga Minggu (10/2) mendatang.

Ketua Panitia PTP, Nurul Machrudin menuturkan, kegiatan ini menapaki tahu  ke-5 dan jika pada tahun-tahun sebelumnya penanaman dilakukan satu sesi serentak di dua titik di waktu yang sama, untuk tahun ini akan dilakukan dua sesi agar penananam semakin maksimal.

“Untuk sesi pertama dilakukan di Sektor Promasan Desa Ngresepbalong, Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal, Sabtu dan Minggu,” jelasnya, Rabu (6/2).

Adapun sesi kedua dilakukan penanaman di Sektor Mawar, Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang pada Sabtu dan Minggu, 16-17 Februari mendatang.

“Kita sudah melakukan kegiatan pra tanam, dengan survei lokasi, pencarian  lahan, pembuatan pasak, pembersihan lokasi tanam dan penyediaan bibit tanaman. Semuanya sudah siap, tinggal kegiatan tanam,” ucap Nurul kepada awak media.

Nurul menjelaskan, kegiatan tanam ini rencananya akan menanam aneka pohon keras dan pohon buah-buahan seperti pohon salam, juet, mangga dan lainnya yang sesuai dengan letak ketinggian Gunung Ungaran, yakni 2.050 meter dari permukaan air laut (MDPL).

Menurut Nurul, kegiatan tanam ini tidak sekadar tanam, namun benar-benar menggunakan sistem dan pola tanam yang benar.

“Jadi, setelah tanam, nanti ada kegiatan pasca tanam dengan sistem kontrol, pemeliharaan dan penyulaman tanaman jika dijumpai ada bibit yang mati setelah tanam,” ungkapnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *