Kunjungi RSUD Temanggung, Dewan Bahas Rujukan Berjenjang BPJS

SEMARANG (Asatu.id) – Langkah BPJS Kesehatan menerapkan aturan sistem rujukan berjenjang bagi pesertanya menuai banyak kritikan, karena dinilai alur rujukan menjadi panjang.

Komisi E DPRD Jateng yang melakukan kunjungan kerja ke RSUD Temanggung mendapat laporan persoalan tersebut dari pihak manajemen rumah sakit, baru-baru ini. Kunjungan dilakukan dalam rangka pengayaan data Raperda Sistem Kesehatan Jateng.

Ketika berdialog, Direktur RSUD Temanggung, Artiyono mengakui, rujukan berjenjang itu sudah ada regulasinya. Namun, dalam pelaksanaannya, pihak rumah sakit sedikit sulit mengontrol pemerataannya.

“Regulasi memang sudah ada sejak lama. Namun disini, untuk hal itu pihak rumah sakit tidak bisa mutlak digunakan, salah satunya pada saat emergency, rujukan berjenjang tidak akan berlaku,” katanya.

Menambahi pernyataan tersebut, Kabid Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Djoko Mardijanto menjelaskan, bahwa sebenarnya hal tersebut tidak mutlak menjadi tanggung jawab dinkes, . Sistem tersebut sudah sesuai prosedur.

“Maka dari itu, untuk lebih meningkatkan pelayanan ke masyarakat, kami akan mensupport Komisi E agar sistem pelayanan kesehatan di Jateng ini semakin baik,” kata Djoko.

Sekretaris Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah, Abdul Hamid mengatakan, pihaknya masih memerlukan masukan dari RSUD, baik kabupaten maupun kota, guna menyelesaikan perda inisiatif Komisi E tersebut.

Sementara itu, Anggota Komisi E DPRD Jateng, Endrianingsih Yunita menambahkan, “Tujuan kami ke sini untuk menggagas Raperda Sistem Kesehatan. Jadi, informasi disini untuk melengkapi data dalam penyusunan perda tersebut,” ujarnya.

Salah satu yang menjadi sorotan Komisi E DPRD Jateng yakni dampak rujukan berjenjang karena masuk dalam isu nasional. Hal itulah yang menjadi salah satu sebab perda inisiasi segera diperdakan.

Komisi E berharap raperda itu nantinya segera disahkan sehingga kecemasan masyarakat tentang sistem pelayanan kesehatan masyarakat khususnya di Jateng menjadi semakin baik. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *