Komisi D DPRD Jateng Tindaklanjuti Ambruknya Jembatan Plompong

komisi dSEMARANG (Asatu.id) – Komisi D DPRD Jateng meninjau Jembatan Plompong di Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes yang roboh, baru-baru ini. Kunjungan itu dilakukan sebagai respon atas laporan masyarakat terkait kondisi jembatan yang roboh akibat tergerus banjir bandang Sungai Keruh. 

 

Sekretaris Komisi D Jayus mengungkapkan, tujuan kedatangan Dewan untuk mengetahui secara langsung mengenai dampak robohnya Jembatan Plompong. Hasil kunjungan tersebut, oleh Komisi D akan digunakan sebagai dasar mengambil kebijakan, baik regulasi maupun penganggaran. Dengan demikian nantinya pelaksana dan pengawas bisa lebih komprehensif dalam melakukan maping kontur tanah.

“Ini ceritanya baru pekerjaan berjalan, tapi tahu-tahu kena bencana. Kalau berbicara program kegiatan yang fisik seperti ini, harusnya dimulai di awal-awal jangan di musim hujan,” ungkap anggota Fraksi PAN tersebut.

Anggota Komisi D, Wahyudin Nur Ali juga menyampaikan, pihaknya akan memperjuangkan permintaan masyarakat guna perbaikan jembatan tersebut. Sementara waktu akan dibangun jembatan darurat dengan struktur jembatan beiley atau jembatan rangka baja. Saat ini masih dalam tahap pematangan survei lokasi pembangunan.

“Kami semua sepakat siap membantu, khususnya untuk masyarakat Plompong dan Kaliloka supaya bisa terhubung kembali. Insya allah kami semaksimal mungkin mengusahakan,” jelasnya.

Sedangkan untuk jembatan baru, tambahnya, akan dibahas dalam penganggaran perubahan 2019 atau anggaran murni 2020. Hal tersebut masih dalam proses pembahasan, mana yang paling cepat dan mungkin dilakukan.

Sebelumnya, Jembatan Plompong lama dan Jembatan Plompong baru yang masih dalam pembangunan, diketahui roboh akibat banjir bandang yang melanda Sungai Keruh, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes. Jembatan tersebut menghubungkan Desa Plompong dengan Kaliloka.
Akibat kejadian ini, jalur transportasi warga terputus. Untuk keluar dari desa, warga harus mengambil rute melalui Cilibur Paguyangan yang jaraknya cukup jauh.

Asatu.id, berita brebes, asatu, dprd jateng, komisi d, tinjauan, jembatan plompong roboh, berita semaran

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *