JSIT Kerja Sama LPMP Jateng Gelar Diklat Penguatan Kepala Sekolah

SEMARANG (Asatu.id) – Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia Wilayah Jawa Tengah menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Penguatan Kepala Sekolah, Selasa (29/1).

Bekerja sama dengan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Jawa Tengah, pola diklat penguatan kepala sekolah ini adalah 71 jam pelajaran selama tujuh hari, yakni mulai Selasa (29/1) hingga Senin (4/2).

Kepala LPMP Jawa Tengah Drs Harmanto MSi mengatakan, pelaksanaan program Diklat Penguatan Kepala Sekolah ini berdasarkan pada Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.

Menurut dia, setiap kepala sekolah wajib mengikuti Diklat Penguatan Kepala Sekolah, sehingga kepala sekolah menguasai lima kompetensi yang harus dimilikinya, yaitu kompetensi managerial, kepribadian, kewirausahaan, supervisi, dan sosial.

Para peserta yang lulus Diklat akan mendapatkan sertifikat dan nomor unik kepala sekolah (NUKS) dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS).

“Diklat Penguatan Kepala Sekolah ini merupakan implementasi dari Kemendikbud Nomor 6 Tahun 2018, maka setiap kepala sekolah harus menguasai dan mampu mengimplementasikan lima kompetensi kepala sekolah dengan baik,” kata Harmanto.

Ia juga berpesan agar setiap kepala sekolah bisa mendidik peserta didik di sekolahnya sesuai dengan zamannya. Sekarang era literasi digital, sehingga guru dan siswa diarahkan untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi untuk melahirkan generasi yang unggul, sehingga mampu bersaing dengan dunia internasional.

Harmanto.berpesan seluruh peserta mengikuti Diklat ini agar bisa menjadi peserta yang baik dan tertib, karena kesempatan ini tidak akan berulang dan bisa dimanfaatkan untuk menggali informasi secara maksimal. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *