Ganjar Terpana Karya Lukis OHD Museum, ‘Semuanya Bikin Greng’

MAGELANG (Asatu.id) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut menghadiri pembukaan pameran lukisan karya KH Mustofa Bisri di OHD Museum, Magelang, Sabtu (26/1). Mengambil tema “Manusia dan Kemanusiaan”, sekitar 50 karya akan dipajang di tempat ini hingga 15 April 2019 mendatang

Selain Ganjar, sejumlah tokoh ternama tanah air turut menghadiri, yakni Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti, Menristek Dikti RI M Natsir, Mahfud MD, Kapolda Jateng, Pangdam IV/Diponegoro hingga seniman ternama Nasirun, Djoko Susilo, dan Joko Pinurbo.

Puluhan karya dipajang dan dibagi dalam tiga cluster, Old Master, Kontemporer dan Ruang Gus Mus. Old Master diisi karya pelukis pioneer lukisan modern tanah air yang almarhum, dari Affandi hingga Hendra Gunawan. Ruang Kontemporer diisi lukisan dari Djoko Pekik hingga instalasi Butet Kartaredjasa dan Fransisca.

Perpaduan antara karya, ruang serta pemilik museum membuat daya magis tersendiri gelaran pameran itu. Sosok Oei Hong Djien (OHD) sendiri sebagai empunya OHD Museum, cukup populer di kalangan pelukis sebagai kolektor lukisan-lukisan elit. Tidak heran, dengan selera seninya yang tinggi sekaligus gaya bergaulnya yang ceplas ceplos membuat banyak orang terpana. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo salah satunya.

“Orang yang masuk museum ini akan banyak belajar, OHD orang yang sangat serius pada hobinya ini, sehingga dia bisa bercerita satu per satu filosofi karya yang ada hingga cerita turunannya,” kata Ganjar.

Museum ini, menurutnya, sudah mengajak orang untuk mengasah otak dan hatinya dengan menikmati karya yang sangat ekspresif. Ganjar yang menyusuri satu per satu lukisan di tiga cluster itu berkali-kali berdecak kagum, terlebih setelah mengerti nilai filosofis per karya dari OHD.

“Semuanya bikin greng. Akalnya akan dilatih sehingga memorinya akan lengkap, visual dapat pikirannya akan mampu mengurai makna-makna. Tiba-tiba di ruang Gus Mus tadi OHD berkisah cerita yang sangat menarik dengan diksi yang sangat tinggi, sehingga menyihir banyak orang. Di antara keindahan di dalamnya pasti ada coretan-coretan,” tandas mantan anggota DPR RI ini. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *