Satgas Yonif Raider 408/SBH Bagikan Ilmu Perbengkelan Kepada Warga Perbatasan

Satgas Yonif Raider 408/SBH Bagikan Ilmu Perbengkelan Kepada Warga PerbatasanSEMARANG (Asatu.id) – Penggunaan sepeda motor di masyarakat kian marak, karena selain harganya yang tejangkau juga sangat membantu dalam melakukan aktifitas sehari-hari seperti transportasi, mengangkut hasil panen dari ladang ke rumah, menjual hasil panen ke pasar dan sebagainya.

Demikian pula dengan masyarakat perbatasan RI-RDTL, kondisi wilayah yang berbukit dan jalanan yang sempit menjadikan sepeda motor sangat diminati untuk memperlancar aktifitas mereka.

Disisi lain dengan maraknya penggunaan sepeda motor di daerah perbatasan RI-RDTL belum dibarengi dengan munculya fasilitas bengkel untuk merawat kendaraan mereka.

Terlebih masyarakat yang berada di daerah perbatasan, dimana selain kondisi jalan yang mayoritas masih jalan tanah dan berbatu, keberadaan bengkelpun masih sulit ditemukan. Andaikan ada jaraknya sangat jauh karena harus pergi ke kota. Akibatnya banyak kendaraan warga yang mangkrak karena rusak tidak terawat dan tidak kunjung diperbaiki.

Melihat kondisi tersebut, Satgas Yonif Raider 408/Sbh khususnya Pos Delomil menjadikan sebagai sebuah peluang dan potensi untuk mengembangkan pelatihan mekanik/perbengkelan kepada para pemuda disekitar Pos.

Danpos Delomil Lettu Inf Dwi Sulistyo Nugroho mengungkapkan, bahwa Satgas merasa berempati dengan kondisi masyarakat yang belum bisa merawat kendaraan mereka, padahal belinya cukup mahal.

“Kebetulan anggota kami memiliki kemampuan (skill) tentang perbengkelan, jadi gak ada salahnya kalau kita tularkan kepada masyarakat sekaligus sebagai bekal usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan masyarakat perbatasan,” imbuhnya.

“Bengkel motor disini sangat jauh dan beberapa bengkel yang ada di wilayah Lamaksenulu belum mampu membongkar mesin motor, mereka hanya bisa sampai sebatas ganti oli, ganti ban dan service biasa. Ini sebuah peluang yang sangat baik sebagai lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat yang berujung kepada peningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat”, tandasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *