Sekda Jateng: Mal Pelayanan Publik Banyumas Buka 103 Jenis Layanan

Sekda Jateng: Mal Pelayanan Publik Banyumas Buka 103 Jenis LayananBANYUMAS (Asatu.id) – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono mengatakan, pada Mal Pelayanan Publik (MPP) Banyumas, beberapa SKPD di lingkungan Pemkab Banyumas, Pemprov Jateng, dan instansi vertikal bersinergi untuk memberikan pelayanan prima bagi publik.

Ada tujuh instasi vertikal, gerai Jateng dan 10 SKPD Kabupaten Banyumas, yakni Polres Banyumas, Kantor Imigrasi, BP3TKI Jateng, BPJS Kesehatan, BPJS Keternagakerjaan, Kantor Pelayanan Pajak dan Bank Jateng.

Hal itu disampaikan Sekda Jateng saat menghadiri launching Mal Pelayanan Publik (MPP) Banyumas, yang dilakukan Menteri
Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Drs Syafruddin MSi, Jumat (18/1).

Menurut Sekda Sri Puryono, setidaknya terdapat 103 jenis pelayanan publik yang dapat diurus secara praktis di satu lokasi tanpa memerlukan waktu lama.

Di antaranya pengurusan izin perdagangan, trayek, pertambangan, Amdal, verifikasi dokumen kependudukan, penerbitan paspor bagi calon tenaga migran, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK), perpanjangan surat izin mengemudi (SIM), pelayanan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, hingga pendaftaran nomor pokok wajib pajak (NPWP).

“Total ada 17 SKPD dan pelayanan perizinan pemerintah daerah. Ini menjadi sejarah bagi Banyumas karena warga tidak perlu ke berbagai instansi untuk mengurus satu keperluan. Semuanya cukup di sini,” jelasnya.

Mantan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah itu menambahkan, upaya mendirikan MPP Banyumas merupakan bukti semangat ASN untuk menciptakan birokrasi yang benar-benar melayani masyarakat, berintegritas, transparan dan akuntabel. Terlebih, menghadapi era revolusi Industri 4.0, di mana ASN juga dituntut agar semakin cerdas, kreatif, responsif dan inovatif.

“Upaya ini selaras dengan komitmen Pemprov Jateng yang tetap fokus pada pengentasan kemiskinan dan menargetkan angka kemiskinan di bawah single digit. Kami sadari semuanya akan berhasil dengan didukung pelayanan yang prima, cepat, mudah, dan murah. Ke depan kami akan tularkan (MPP) ini ke daerah-daerah yang lain di Jateng,” pungkasnya.

Sebagai informasi, MPP Bayumas beroperasi selama enam hari kerja. Yaitu hari Senin hingga Kamis pukul 08.00-15.30 WIB, Jumat pukul 08.00-15.15 WIB, dan Sabtu pukul 08.00-12.00 WIB. (IS)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *