Keong Mas Ancam Petani Tapak Gagal Panen

Keong Mas Ancam Petani Tapak Gagal PanenSEMARANG (Asatu.id) – Hama keong mas serang puluhan hektare tanaman padi di Tapak, Kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.
Hama yang menyerang batang dan daun tanaman padi berusia muda ini menyebabkan banyak padi yang mati sehingga terancam gagal panen.
Santoso salah satu petani di Tapak menyatakan dirinya cukup kesulitan dalam membasmi keong mas yang menyerang tanaman padi milikinya tersebut, pasalnya keong mas tidak dapat dibasmi dengan menyemprot obat-obatan kimia biasa.
“Wereng hanya merusak akar dan cara pengobatannya mudah, tinggal disemprot obat langsung mati. Kalau keong mas beda, dia tidak mempan sama obat-obat biasa,” jelasnya pada, Jumat (18/1).
Salah satu cara yang dilakukan Santoso dalam mengusir keong mas yang akan memakan tanaman padinya, adalah dengan membuat parit yang ditancapkan di beberapa lokasi sekitar sawah.
Ia menjelaskan dengan adanya parit-parit tersebut, telur-telur keong mas akan menempel di parit sehingga tidak berkembang biak. Selain itu, ia juga menutup aliran air dari sungai biar keong emas yang dari sungai tidak ke sawah.
“Karena keong mas hidupnya di air untuk itu kita menutup semua saluran air dari kali,” terangnya.
Saat ini keong emas menjadi ancaman serius bagi para petani karena selain sulit dikendalikan, keong emas tidak hanya merusak batang padi saja, namun seluruh tanaman padi dari akar sampai ujung.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *