Komisi A DPRD Jateng Ingatkan, Pengamanan Hasil dan Keabsahan Surat Suara Jadi Prioritas

SEMARANG (Asatu.id) – Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan ke Kantor KPU Brebes dan diterima langsung oleh Ketua KPU Brebes, Muamar Riza Pahlevi, belum lama ini.

Dalam pertemuan tersebut, Komisi A memberi beberapa masukan terkait pesta demokrasi Pilpres dan Pileg 2019 yang tidak lama lagi akan berlangsung. Masukan itu antara lain langkah-langkah antisipatif mengenai Daftar Pemilih Tetap (DPT), peningkatan pengamanan hasil perhitungan suara, saling koordinasi dengan instansi terkait, dan keabsahan surat suara.

Menurut anggota Komisi A, Joko Haryanto, masukan itu akan mendorong kinerja KPU secara keseluruhan, karena Brebes merupakan kabupaten yang paling luas wilayah dan paling banyak jumlah pemilih aktifnya.

“Harapan kami di Dewan, semoga dalam penyelenggaraan pemilu kali ini semakin bagus dan partipasinya mendekati target yang dicanangkan oleh KPU RI,” imbuh legislator Partai Demokrat itu.

Menanggapi pernyataan tersebut, Komisioner KPU Brebes Divisi Hukum, Ahmad Nizam menjelaskan, pemilu kali inibanyak menuai sorotan publik. Terlebih karena waktu pelaksanaan Pilpres dan Pileg 2019 jadi satu yakni 17 April. Selain itu juga banyak caleg baru bermunculan. Dengan demikian petugas di lapangan (KPPS/PPL/PPK) harus bekerja lebih ekstra mendorong masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya.

“Dengan jumlah DPT sekitar 1,5 juta jiwa lebih dari 17 kecamatan di Brebes ini, kami telah melakukan sosialisasi rutin, berkoordinasi dengan Polsek, Kodim dan aktivis sosial untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 agar tingkat partisipasi meningkat dan kualitasnya semakin bagus.”

Komisi A sendiri menilai kinerja KPU Brebes sudah semakin baik, terlebih telah mendapatkan bantuan dari pusat untuk infrastruktur gedung. Meskipun komisioner diisi oleh wajah baru, diharapkan menambah motivasi untuk lebih meningkatkan kinerja untuk melayani masyarakat. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *