Perekonomian Jateng Berada Pada Level Optimis

Perekonomian Jateng Berada Pada Level OptimisSEMARANG (Asatu.id) – Keyakinan konsumen terhadap perekonomian Jawa Tengah berada pada leveI optimis dan meningkat dibandingkan bulan sebelumnya.

Hal tersebut terindikasi melalui Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia kepada 700 responden rumah tangga di Jawa Tengah pada Desember 2018.

Menurut Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Desember 2018 tercatat sebesar 135,67, leblh tinggi 8,23 poin dlbandingkan IKK November 2018 sebesar 127,44.

Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan BI Jawa Tengah, Rahmat Dwi Saputra mengatakan optimisme konsumen berasal dari keyakinan konsumen terhadap membaiknya kondisi ekonomi saat ini dan kondisi ekonomi ke depan.

“Hal tersebut tercermin dari Indeks Kondlsi Ekonomi (IKE) Desember 2018 yang berada pada level optimis sebesar 122,62,” ujarnya.

Dia menjelaskan, optimisme terhadap kondisi ekonomi saat ini terutama berasal dari terjaganya tingkat penghasilan, ketersedian lapangan kerja, dan pengeluaran konsumsi.

Sementara itu, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) untuk 6 bulan ke depan juga berada pada level optimis yang tercatat sebesar 148,72.

“Masih optimisnya konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan ke depan didorong oleh keyakinan akan adanya kenaikan penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan terjaganya kegiatan usaha,” jelasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *