DPRD Jateng Ingatkan Pentingnya Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu 2019

DPRD Jateng Ingatkan Pentingnya Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu 2019SEMARANG (Asatu.id) – Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah, Masruhan Syamsurie menegaskan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dituntut untuk berupaya keras meningkatkan kepercayaan masyarakat pada Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) pada April nanti.

Di sisi lain, menurut legislator PPP itu, peran partisipasi masyarakat sangat mempengaruhi kelancaran dan kesuksesan hajat demokrasi lima tahunan itu.

“Selain itu, ada beberapa hal tidak diperkenankan menerima honor ganda walaupun kerjanya ganda. Proses perekrutan petugas di lapangan juga perlu diperhatikan. Kemudian juga pendistribusian logistik dari KPU pusat ke daerah,” kata Masruhan Syamsurie saat memimpin rombongan memonitor ke Kantor KPU Kota Surakarta, Rabu (9/1).

Menyambung pernyataan tersebut, Ketua KPU Surakarta, Nurul Sutarti menjelaskan, lembaganya telah memonitor, menyempurnakan ketentuan anggaran, pemutakhiran data pemilih, membetuk desk, penyempurnaan instrumen, program antisipasi masyarakat, fasilitasi dalam pembentukan badan penyelenggaraan, fasilitasi dalam persiapan logistik, bimbingan teknis.

“Kami telah menerima logistik dari KPU RI yang meliputi kotak suara, bilik, segel, tinta, dan alat kewenangan TPS. Namun, masih menunggu surat suara, hologram dan formulir lain,” terangnya.

Dengan kondisi demikian, Komisi A mengharapkan target partisipasi sebesar 77,5 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) lima kecamatan dan 51 kelurahan sebanyak 421.999 orang bisa terpenuhi.

Selanjutnya, masukan-masukan dari KPUD di Jawa Tengah akan diteruskan pada saat rapat koordinasi di tingkat provinsi bersama KPU dan Bawaslu Jateng menjelang perhelatan demokrasi nasional itu.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *