52 Rumah Sakit Siap Tampung Pengobatan Kejiwaan untuk Caleg Gagal

SEMARANG (Asatu.id) – Jelang Pemilu 2019, sebanyak 52 Rumah Sakit Negeri di Jawa Tengah dinyatakan siap menampung pengobatan kejiwaan bagi calon anggota legislatif (Caleg) yang mengalami depresi akibat gagal menjadi anggota dewan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah, Yulianto Prabowo. Dia menjelaskan, para Caleg yang stres atau depresi nantinya akan dilakukan penanganan di rumah sakit pemerintah layaknya pasien lain.

“Secara khusus kita tidak bisa mengeluarkan surat edaran bagi pengelola rumah sakit di 35 Kabupaten/Kota. Bisa juga dilakukan penanganan di rumah sakit pemerintah dan penanganan seperti pasien lainnya,” jelasnya, Kamis (10/1).

Yulianto menjelaskan, rumah sakit sudah sepatutnya memberikan pelayanan bagi masyarakat. Terlebih dalam kontestasi Pemilu 2019 nanti, rumah sakit juga perlu memberikan pertolongan kepada Caleg yang mengalami guncangan baik dari tingkat depresi hingga tingkat stres.

“Yang penting dia membutuhkan pertolongan segera mungkin, dan dilayani untuk berobat gejala gangguan kejiwaan,” tegasnya.

Sementara itu, berkaitan dengan penambahan bangsal, Yulianto mengaku belum dapat memberikan perintah kepada setiap pengelola rumah sakit yang akan melakukan penanganan.

Hal itu lantaran menurutnya, pihaknya belum mempunyai basis data untuk menguatkan layanan tersebut.

“Untuk proses penanganan nantinya bila ada pasien datang dan setelah dilakukan pengecekan harus ditangani, tentu pengobatan terhadap pasien tetap dilakukan,” tandasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *