Bawaslu Jateng Apresiasi Kawal Pemilu Kita

SEMARANG (Asatu.id) – Ketua Bawaslu Jawa Tengah, M Fajar Subkhi AK Arif menyambut baik Tim Pemantau Pemilu Kawal Pemilu Kita (KPK) Jawa Tengah, yang ikut serta dalam pengawasan jalannya pesta demokrasi 2019.

“Sangat mengapresiasi keterlibatan anak-anak muda dalam mengawal, memantau, dan mengawasi jalannya pesta demokrasi 2019 di Indonesia. Saat ini kalangan pemuda punya idealisme yang kuat untuk membenahi mekanisme pemilu,” katanya, Minggu (6/1).

Fajar mengungkapkan, untuk selanjutnya Bawaslu Jateng akan melakukan registrasi terhadap keanggotaan tim KPK. Hal ini mengingat tim pemantau harus mengedepankan azas independensi. 

“Salah satu prinsip dari pemantau pemilu itu indepedensi, termasuk sumber pendanaannya. Komitmen ini tidak boleh berubah. Bila nantinya terbukti tidak netral maka akan dicabut statusnya, sehingga tidak lagi berlaku,” tegasnya.

Terkait dengan kode etik, larangan dan kewajiban, menurut Fajar, Bawaslu tidak akan menghalangi siapa pun kelompok pemantau yang terlibat dalam masyarakat pada Pilpres dan Pileg 2019, selama tetap menjaga kenetralannya.

“Untuk Jateng, baru ada KPK yang terdaftar kelompok tim pemantau pemilu independen. Sebenarnya, kami sudah berdiskusi dengan sejumlah kelompok terkait hal yang sama. Hanya saja, mereka belum sampai tahap pendeklarasian,” imbuhnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *