Percantik Kota dengan Tanaman Sakura, Pemkot Semarang Gelontorkan Dana Rp 1 Miliar

SEMARANG (Asatu.id) –  Kawasan Kota Semarang dalam beberapa tahun ke depan akan bertambah cantik. Pasalnya, Pemerintah Kota Semarang akan menggelontorkan dana sebesar Rp 1 miliar untuk menamami jalan-jalan protokol dengan pohon tabebuya yang bunganya mirip sakura.

“Pada 2019, kami sudah siapkan anggaran Rp 1 miliar untuk mempercantik sepanjang jalan protokol dengan tanaman tabebuya,” Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Semarang Iswar, Selasa.

Tabebuya (Chrysotricha) merupakan tanaman yang berasal dari Brazil. Pohon ini termasuk pohon besar dan bunga mirip sakura. Kemiripan inilah yang membuat sebagian masyarakat menyebutnya dengan nama tanaman sakura.

Menyinggung pemilihan tanaman tabebuya, Iswar mengaku bunganya berwarna-warna, sehingga indah dipandang mata. Keindahan bunga tanaman sakura ini, bahkan sempat menjadi viral di Surabaya.

Dia berharap keberadaan tamanan sakura nanti bisa memberikan nuansa keindahan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah.  Bunga-bunga sakura yang bermekaran dengan aneka warna itu, dipastikan akan menambah sejuk pemandangan orang-orang yang melintasi kawasan tersebut.

“Pemandangan itu tidak bisa kita peroleh sekarang. Masalahnya, tanaman tabebuya baru bisa berbunga saat berumur 3-5 tahun,” katanya.

Warna bunga tabebuya sendiri bermacam-macam. Ada yang berwarna putih, merah muda, ungu, dan merah. “Keanekaragaman warna bunga tabebuya ini akan menghiasi dan mempercantik Kota Semarang,” paparnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *