Antisipasi Banjir Semarang Atas, Pemkot akan Bangun Embung di Sejumlah Titik

SEMARANG (Asatu.id) – Plt Kabid Sumber Daya Air dan Draniase, Isworo mengatakan pihaknya akan membuat kajian tentang pembuatan embung di beberapa titik di Kecamatan Tembalang. Selain berkoordinasi dengan kecamatan dan pihak kelurahan, pihaknya juga meminta pendapat dari masyarakat.

“Penanganan saat ini kami akan membersihkan drainase yang tersumbat agar aliran air menjadi lancar. Ke depan kami juga akan menambah kapasitas drainase jalan, agar air yang turun dari wilayah atas tak meluber ke jalan dan permukiman warga,” katanya, Rabu (26/12).

Rencana pembuatan embung tersebut, menyusul beberapa kelurahan di Kecamatan Tembalang, dilanda banjir bandang. Banjir menerjang permukiman warga di antaranya di Kelurahan Sendangmulyo, Meteseh, dan Bulusan, Selasa (25/12).

Banjir diakibatkan melubernya saluran air di beberapa wilayah itu, termasuk luapan Sungai Sigar Bencah dan jebolnya tanggul Sungai Kedungwinong, Kelurahan Bulusan.

Karena tingginya debit air dari wilayah atas, beberapa sungai seperti Sungai Sigar Bencah dan Kedungwinong meluber ke jalan dan menerjang permukiman warga. Diketahui hujan telah mengguyur Kota Semarang dan sekitarnya sejak dua hari terakhir.

Turunnya hujan dengan intensitas ringan hingga lebat hampir merata di seluruh Kota Semarang.

Sementara Lurah Sendangmulyo,Kecamatan Tembalang Suwito S mengatakan, banjir bandang menerjang beberapa rumah di wilayahnya, di antaranya terjadi di RW II.

“Masih kami data berapa jumlah warga yang terdampak banjir bandang tersebut,” katanya.

Terpisah Camat Tembalang, Heru Sukendar mengatakan, untuk mempercepat proses rencana pembuatan embung oleh Pemerintah Kota Semarang, pihaknya akan  menginventarisir beberapa aset tanah pemkot yang memungkinkan untuk diusulkan menjadi embung guna penanganan banjir di wilayah Tembalang.

“Salah satunya ada di RW 2 Kelurahan Sendangmulyo. Kami juga sudah berkoordinasi dengan PU untuk penambahan kapasitas drainase jalan di beberapa wilayahnya,” imbuhnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *