51 Napi Dapat Remisi Natal Lapas Kedungpane Semarang

SEMARANG (Asatu.id) – Lapas Kelas I Kedungpane,  Semarang melaksanakan upacara penyerahan surat keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI tentang Pemberian Remisi Khusus Natal bagi Narapidana Tahun 2018, di Gereja Oikumene Imanuel, Selasa (25/12).

Kepala Lapas Kelas I Semarang Dadi Mulyadi menyebutkan, sebanyak 51 orang narapidana memperoleh remisi khusus (RK) dengan rincian RK I sebanyak 50 orang dan RK II sebanyak 1 orang.

“Remisi khusus yang diberikan ini RK I meliputi pidana umum 24 orang, narkotika 25 orang dan TPPU 1 orang. Sementara RK II ada 1 pidana umum,” katanya.

Jumlah itu, jelas Dadi, merupakan jumlah dari 168 penghuni Nasrani yang menempati Lapas Kelas I Semarang dengan rincian  di antaranya, 117 warga binaan kemasyarakatan dan 51 orang masih berstatus tahanan.

“Jumlah 51 usulan remisi khusus itu disetujui semua. Dari jumlah yang mendapatkan remisi itu, satu di antaranya pada hari ini bebas,” jelasnya.

Dadi menjelaskan, remisi khusus tersebut diberikan kepada warga binaan dengan catatan telah memenuhi syarat untuk medapatkan remisi.

Beberapa syarat diantaranya adalah warga binaan yang beragama nasrani, berkelakuan baik dan minimal telah menjalankan hukumannya selama dua bulan secara terus-menerus serta tidak pernah melakukan pelanggaran.

Sementara itu, jelas dia, mereka yang mendapatkan remisi dengan kisaran 15 hari, 1 bulan, 1,5 bulan dan 2 bulan.

“Kami berharap nantinya mereka menjadi seorang pedamai, baik untuk diri sendiri, keluarga dan bersosialisasi dengan masyarakat,” tandasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *