Capacity Building Ajak Peserta Lepaskan 4.000 Benih Ikan dan Penanaman Bibit Pinus

SEMARANG (Asatu.id) – Capacity Building Tenaga Pendidik Keagaman Nonformal Jawa Tengah yang merupakan kegiatan yang diselenggarakan Badan Koordinasi Taman Pendidikan al Quran (Badko TPQ) Jawa Tengah sejak Jumat lalu (21/12) masih berlangsung hingga Minggu (23/12), di Bumi Perkemahan Candra Birawa Gunungpati.

Sekitar 350 ustadz TPQ se-Jawa Tengah berkumpul dalam kegiatan yang dibagi menjadi 2 angkatan ini.

Selain pembekalan materi teoretis, peserta juga diberi motivasi agar mampu menghadapi peluang dan tantangan dengan baik. Peserta juga difasilitasi kegiatan-kegiatan lapangan yang bertema kerja sama dan kepemimpinan.

Menariknya, di akhir kegiatan ini peserta melakukan bakti sosial dalam bentuk pelepasan 4.000 benih ikan ke sungai dan penanaman bibit pohon pinus di sekitar lokasi kegiatan.

Ketua Panitia Bahrul Fawaid mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai integritas, patriotisme, dan nasionalisme kepada ustadz TPQ. Dijelaskan, ustadz TPQ akan menyebarkan dan menanamkan nilai-nilai tersebut kepada santri TPQ.

“Selain itu ustadz TPQ juga diberikan materi mengenai aspek pembelajaran, manajemen, dan administrasi pendidikan keagamaan non formal,” kata Bahrul.

Selain integritas, kata Bahrul, hal lain yang ditekankan di TPQ adalah penanaman nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme. Ia menjelaskan, penanaman nilai-nilai tersebut dilakukan setiap hari, di antaranya melalui lagu, tepuk, dan yel-yel yang berisi tentang ajaran integrasi keesaan dan nasionalisme.

“Santri TPQ bahkan mempunyai ikrar santri yang satu di antaranya adalah cinta tanah air dan NKRI. Dengan demikian, diharapkan santri TPQ selain berkarakter religus, berintegritas, juga mempunyai kecintaan yang dalam terhadap NKRI, sebagaimana disampaikan Ketua Umum Badko TPQ Jawa Tengah, Ateng Chozany Miftah yang menjadi salah satu narasumber kegiatan ini,” terangnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *