OJK Jateng/DIY Fokus Penyelesaian Pengaduan

OJK Jateng/DIY Fokus Penyelesaian PengaduanSEMARANG (Asatu.id) – Penyelesaian kasus pengaduan konsumen masih menjadi salah satu fokus perhatian Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 3 Jateng/DIY. Berdasarkan data, pada Oktober 2018 jumlah pengaduan yang masuk mencapai 319 pengaduan.

Dari jumlah itu, pengaduan tertinggi ada pada sektor perbankan, yakni 188 pengaduan atau 59 persen. Sementara jumlah pengaduan yang sudah selesai sebanyak 293 pengaduan atau 92 persen.

“Sisanya masih dalam proses klarifikasi,” kata Kepala OJK Regional 3 Jateng dan DIY, Aman Santoso, di sela-sela acara Gathering Protokol dan Kehumasan di Hotel Chanti, Semarang, Kamis (13/12).

Aman Santoso juga menginformasikan bahwa sektor perbankan Jawa Tengah pada posisi Oktober 2018 mengalami pertumbuhan menggembirakan dan nilai positif. Terlihat dari pertumbuhan aset mencapai 406,34 triliun atau tumbuh sebesar 6,71 persen.

Di sisi lain, perbankan syariah di Jawa Tengah juga mengalami pertumbuhan menggembirakan. Posisi Oktober 2018 jumlah pembiayaan yang disalurkan tercatat 20,10 triliun atau mengalami pertumbuhan 16,81 persen, dengan share terhadap nasional tercatat sebesar 6,76 persen.

“Penyaluran kredit di Jawa Tengah per jenis penggunaan paling banyak digunakan untuk kredit modal kerja sebesar 162,27 triliun atau tumbuh sebesar 12,12 persen dan memiliki share sebesar 54,92 persen dari total keseluruhan kredit,” kata Aman Santoso.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *