Sekda Dorong Pelajar Aktif Berorganisasi

SEMARANG (Asatu.id) – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Dr Ir Sri Puryono KS MP mendorong para pelajar untuk aktif berorganisasi saat duduk di bangku sekolah, termasuk aktif menjadi pengurus OSIS. Sebab, akan memiliki wawasan lebih luas, pengalaman memimpin dan berkomunikasi yang baik, dilatih mengambil keputusan secara bijak dan bertanggung jawab, serta keterampilan lainnya.

Hal itu disampaikan Sekda saat mengajar Forum OSIS se-Jawa Tengah, pada acara Jawa Tengah Leadership Project di Gedung B Lantai 5 Kantor Gubernur, Kamis (13/12).

“Dengan menjadi pengurus OSIS akan mendapatkan wawasan, keterampilan, dan pengalaman baru. Adik-adik akan belajar leadership, mengoordinir teman dan adik kelas, dilatih untuk bekerja sama dan bernegosiasi.  Ini sangat bermanfaat di dunia kerja dan kehidupan bermasyarakat,” tandasnya.

Sekda yang juga Ketua Umum Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Provinsi Jawa Tengah itu menandaskan, kesuksesan tak dapat diraih secara instan atau dalam waktu sekejap. Hanya orang pemberani dan tekun, yang dapat menempuh jalan berliku, penuh simpangan, dan tantangan menuju kesuksesan.

Sekda pun mencontohkan sosok Thomas Alva Edison yang kini dikenal sebagai penemu hebat, bahkan rela bereksperimen berulang kali, hingga akhirnya dia berhasil menciptakan lampu pijar, kemudian mendirikan perusahaan listrik.

“Thomas Alva Edison mengatakan, sukses itu satu persen dari inspirasi, yang 99 persen itu keringat dari kerja keras. Kuncinya adik-adik harus bekerja keras dan tekun jika ingin sukses. Harus terus berikhtiar,” tutur Sekda.

Mantan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah ini berpesan kepada Forum OSIS se-Jawa Tengah, meski aktif berorganisasi, prestasi akademik di sekolah tidak boleh diabaikan. Bagaimana pun, tugas utama mereka sebagai siswa adalah belajar secara sungguh-sungguh. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *