Komisi E DPRD Jateng Kunjungi Pembuat Mesin Peniris Minyak

Komisi E DPRD Jateng Kunjungi Pembuat Mesin Peniris MinyakSEMARANG (Asatu.id) – Komisi E DPRD Jateng didampingi tim dari Bappelitbangda, melihat produk inovasi spinner berupa mesin peniris minyak di Argomulyo Salatiga, Rabu (12/12). Rombongan diterima inventor Eko Susilo.

Eko Susilo menguraikan, ketika awal mula melakukan produksi kacang, banyak hasil produksinya yang cepat berbau tengik. Karena itulah dia mulai berpikir dan melakukan percobaan atau eksperimen bersama temannya.

“Produk yang kami pasarkan terjadi banyak komplain dari konsumen. Katanya produk kacang yang di pasarkan ada yang membuat konsumen terkena asam urat karena terlalu banyak kandungan minyaknya,” tuturnya.

Kasus-kasus tersebut, lanjut Eko, mengakibatkan berhentinya produksi beberapa saat. Berbekal dari kegagalan tersebut Eko mulai mengamati biji kedelai yang memiliki tekstur yang berbeda dari biji kacang.

“Beberapa saat saya melakukan penelitian sampai akhirnya berhasil menemukan manfaat dan dapat memproduksi biji kedelai. Bahkan juga menghasilkan beberapa produk sperti tepung yang terbuat dari kedelai dan beberapa produk lainnya yang tentunya sedikit kandungan minyaknya,” tuturnya.

Eko menambahkan, dirinya juga berhasil membuat alat spinner mesin peniris minyak yang mana cara kerjanya menggunakan gaya sentrifugal yang berfungsi mengurangi kelebihan minyak dan dapat mengurangi makanan tak jadi tengik.

Di akhir pertemuan, Sekretaris Komisi E Jateng Abdul Hamid mengatakan, karya Eko Susilo merupakan sebuah produk yang sudah jadi dan tinggal pengembangan pola industrinya saja.

“Sehingga pengembangan ke pemasaran sudah cukup karena secara produk sudah teruji, baik secara kualitas dan proses sudah matang sehingga banyak penawaran yang datang dari luar sehingga ini merupakan pengembangan bagi UMKM,” katanya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *