Ganjar Kaget Ada Petani Punya Lahan Luas Mengaku Miskin

Ganjar Kaget Ada Petani Punya Lahan Luas Mengaku MiskinSEMARANG (Asatu.id) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku tercengang saat mengetahui data pertanian yang menunjukkan ada petani yang masih mengaku miskin namun ternyata memiliki lahan 1 – 2 ha.

Dikatakan, pihaknya menemukan banyak petani yang seharusnya tidak mendapatkan subsidi namun mengambil subsidi.

Meskipun ada yang memang lahannya sempit dan memang miskin dan ada yang lahannya lebih dari 2 ha, katanya, ketika dilakukan kroscek dengan data kemiskinan ternyata mereka masuk kategori miskin padahal tidak miskin, jadinya mengaku miskin.

“Contoh-contoh ini mengonfirmasi, gara-gara kartu tani kita tahu banyak hal, gara-gara ini akan jadi data pengambilan keputusan lebih presisi, gara-gara kartu tani akhirnya kita bisa melihat produksi kita, sehingga nanti kebijakan kita mana yang disubsidi mana produksinya termasuk apakah nanti import atau tidak termasuk penanggulangan kemiskinan,” katanya.

Sebelumnya, Hal tersebut terpapar dalam rapat koordinasi evaluasi Kartu Tani di gedung Gradhika, jalan Pahlawan Semarang, (12/12).

Rapat Koordinasi; Evaluasi Pelaksanaan Program Kartu Tani dan Distribusi Pupuk Bersubsidi serta Pengembangannya di Jawa Tengah diikuti oleh dinas terkait, kelompok tani, gapoktan, distributor pupuk, penyuluh serta dari BRI. Ganjar mengatakan  kegiatan itu merupakan evaluasi akhir tahun pemanfaatan kartu tani pada 2018.

“Alhamdulillah tadi berjalan evaluasi satu tahun, 1,7 juta transaksi sudah berjalan sebagian besar sudah bisa mendapatkan pupuk, pabrikan sudah menyiapkan, BRI melakukan pendataan terus menerus,” ungkapnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *