Tol Semarang-Batang Selesai Sebelum Tahun Baru

SEMARANG (Asatu.id) – Proses pengerjaan jalan tol Semarang-Batang terus dikebut. Diupayakan ruas jalan tersebut bisa selesai sebelum perayaan Natal, sehingga bisa diresmikan Presiden Joko Widodo sebelum memasuki Tahun Baru.

Saat ini sejumlah pekerja terus melakukan upaya percepatan pembangunan, sehingga tol ruas Semarang-Batang bisa diselesaikan sesuai target waktu yang sudah ditetapkan.

Menurut Direktur Utama Jasa Marga, Desi Arryani, untuk ruas jalan tol Semarang-Batang masih ada satu titik yang harus segera diselesaikan. Yakni overpass Ngaliyan, yang masih menjadi penghalang tersambungnya jalan tol Semarang-Batang.

Sebenarnya, menurut Desi, ada empat ruas yang belum selesai. Kalau dari barat yaitu Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Kartasura dan Wilangan-Kertosono. Dari empat ruas ini tinggal dua titik yang masih butuh proses. Yaitu ada di overpass Gempol dan kedua overpass Ngaliyan.

“Overpass yang di Ngaliyan itu kira-kira seminggu sudah selesai, kalau di Gempol kira-kira ya butuh 10 harinan,” kata Desi, di sela-sela peninjauan Jembatang Kalikutho, Jumat (7/12) petang.

Untuk Jembatan Kalikutho sendiri, tambah Desi, telah dilakukan uji beban beberapa waktu yang lalu. Hasilnya, jembatan mampu menahan beban yang dipersyaratkan.

“Jembatan Kalikutho memiliki struktur rangka baja tiga dimensi dan disusun satu per satu. Kami telah melakukan uji coba dan tidak ada masalah,” tandasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *