Jelang Natal dan Tahun Baru, Menhub Imbau Pelabuhan Tanjung Emas Cek Ulang Angkutan Laut

SEMARANG (Asatu.id) – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru (nataru), demi keselamatan penumpang Menteri Perhubungan Republik Indonesia mengimbau angkutan laut untuk melakukan pengecekan ulang armada angkutan laut.

Hal ini diungkapkan Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan Republik Indonesia saat meninjau terminal Pelabuhan Tanjung Emas Semarang beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, kapal yang akan mengangkut penumpang, khususnya dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ini melakukan pengecekan berupa armada kapal serta surat-surat dari para pelaut.

“Menuju nataru kapal-kapal yang akan ke Ketapang, Kumai atau tempat lain diharapkan diadakan rem cek untuk keselamatan penumpang. Dilihat juga dari surat-suratnya, apabila tidak memenuhi syarat maka tidak boleh jalan,” ujar Budi.

Budi menambahkan, jelang libur akhir tahun Pelabuhan Tanjung Emas Semarang belum perlu penambahan armada, meski diperkirakan akan  ada peningkatan penumpang namun tidak signifikan.

“Nataru dari Semarang menuju Kalimantan tidak krusial. Memang jumlah meningkat tetapi relatif flat jadi tidak perlu penambahan. Dengan jumlah armada yang ada saja sudah cukup,” bebernya.

Dalam libur Natal dan Tahun Baru ini penumpang yang relatif melonjak akan terjadi di Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Maluku, NTT dan Papua. Pada lokasi-lokasi tersebut Budi telah menginstruksikan dirjen laut, untuk menyediakan penambahan armada pada lokasi-lokasi tersebut. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *