Jateng Jadi Percontohan Nasional KUR Khusus Peternakan

WONOGIRI (Asatu.id) – Menko Perekonomian, Darmin Nasution melakukan peluncuran program  Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus peternakan di Desa Kebonagung, Kabupaten Wonogiri, Kamis (6/12).

Proyek KUR merupakan progam Kementerian Koordinator (Menko) Perekonomian bersama Badan Usaha Milik Negara. Jawa Tengah menjadi pilot project dari program ini dan akan menjadi role model di Indonesia.

“Konsep KUR khusus peternakan rakyat di Wonogiri Jateng ini yang akan kami jadikan role model nasional,” kata Darmin.

Hadir dalam acara peluncuran itu sejumlah pejabat penting seperti Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Iskandar Simorangkir, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Bupati Wonogiri, Edi Santosa dan lain sebagainya. Hadir pula sejumlah Direktur Perbankkan yang berada di bawah naugan BUMN.

Menurut Darmin, dengan adanya penyaluran KUR khusus peternakan rakyat ini, penyaluran KUR di Indonesia akan semakin meningkat tiap tahunnya. Sebab selama ini, bidang tersebut belum dilayani oleh perbankan.

“Tahun ini saja sampai Oktober penyaluran KUR kita mencapai Rp 113 triliun. Dengan adanya KUR khusus peternakan rakyat ini, saya yakin penyaluran KUR kita akan semakin meningkat dan tahun depan saya prediksikan bisa mencapai Rp 140 triliun,” terang Darmin.

Sektor pertanian, peternakan dan industri kecil yang dapat berproduksi, lanjut Darmin, memang akan terus didorong.

“Untuk itu saya meminta kepada semua bank penyalur KUR untuk mempermudah penyaluran kepada masyarakat. Jangan mencari-cari alasan agar masyarakat gagal mendapatkan KUR, harus dibantu,” tegasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *