DPRD Desak Pemkot Semarang Bentuk Satgas Bencana

SEMARANG (Asatu.id) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang meminta Pemerintah Kota serius menanggulangi dan mengantisipasi bencana setiap memasuki musim penghujan.

Anggota Komisi C DPRD Kota Semarang Suharsono mengatakan, pemerintah harus serius mengatasi kebencanaan, salah satunya dengan membentuk satgas bencana. Hal ini menyusul terjadinya bencana, seperti banjir, tanah longsor dan pohon tumbang di beberapa lokasi di Kota Semarang.

“Misalnya banjir di Jalan Jendral Sudirman atau di sepanjang depan Pasar Karangayu Senin lalu (3/12) terjadi banjir setinggi 30 cm hingga 60 cm,” katanya, Kamis (6/12).

Menurut Suharsono, satgas bencana perlu dibentuk mengingat saat ini pembangunan saluran drainase yang dilakukan Pemkot sudah berjalan baik. Namun, pada kenyataannya saat ini masih terjadi banjir, tiap kali musim penghujan tiba.

“Pemerintah harus melakukan pendataan seluruh saluran, termasuk mempunyai jadwal normalisasi sungai dan saluran secara menyeluruh agar bisa berfungsi dengan baik,” ungkapnya.

Selain itu, sambungnya, untuk mengantisipasi terjadinya banjir, hal yang bisa dilakukan segera adalah melakukan pembersihan saluran dari sampah-sampah yang dibuang sembarangan. Selain itu, perlu dilakukan pengerukan sungai atau saluran yang sudah dangkal.

Terkait adanya pohon tumbang di beberapa lokasi, politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini meminta perlu adanya pemotongan pohon besar di jalan raya yang sudah berumur tua.

“Pohon-pohon yang sudah tua berpotensi tumbang, maka harus dipotong. Karena selama ini pemkot sudah melakukan pendataan pohon,” katanya.

Menurutnya, untuk mengantisipasi terjadi kembali pohon tumbang, Pemkot perlu melakukan pendataan, mana saja pohon yang harus ditebang karena berpotensi tumbang.

“Dengan data pohon, Pemkot bisa mengetahui jenis dan umur pohon, sehingga jika berpotensi tumbang, maka harus segera dipotong,” imbuhnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *