Relawan Lindungi Hutan Serempak Tanam Mangrove di Tiga Daerah

SEMARANG (Asatu.id) – Relawan Lindungi Hutan kembali melakukan aksi tanam mangrove, Minggu (2/12). Pada penanaman hari ini ada tiga lokasi yang dilakukan penanaman, meliputi Semarang, Kendal dan Bengkulu.

Mangrove yang terkumpul di Semarang sebanyak 433 pohon, Kendal 5.000 pohon dan Bengkulu sebanyak 218 pohon.

Salah satu titik, Pantai Tirang Semarang diikuti puluhan peserta meliputi pihak Lindungi Hutan Relawan Lindungi Hutan yang didominasi Kota Semarang dan masyarakat umum.

Koordinator Lindungi Hutan Lutfi Hakim mengatakan, pohon yang terkumpul pada penanaman kali ini sebanyak 433 bibit. Kendati tidak memenuhi target 5.000 pohon, ia menjelaskan penanaman kali ini merupakan tindak lanjut dari penanaman sebelumnya yang telah mencapai 2.000 pohon.

“Kegiatan hari ini rutinitas dari beberapa daerah relawan, terutama yang ada di Semarang, sebab agenda ini memerlukan waktu kurang lebih tiga bulan untuk mengumpulkan donasi dalam melaksanakan kampanye alam,” katanya di sela-sela penanaman.

Lutfi mengatakan, perhatian Komunitas Lindungi Hutan terhadap Pantai Tirang ini muncul lantaran jarak menuju lokasi cukup jauh dengan medan jalan yang juga cukup ekstrim.

Selain itu, lanjut dia, kurangnya perhatian baik dari masyarakat setempat maupun pemerintah terhadap perawatan di Pantai Tirang mendorong para relawan untuk turun aksi melakukan kampanye alam.

Sebelumnya, Hario Laskito Ardi, CEO Lindungi Hutan menyampaikan, pohon-pohon yang ditanam itu nantinya dapat dipantau melalui webiste Lindungi Hutan. Selain itu, dipantau pula emisi karbon yang dihasilkan dan CO2 yang diserap pohon untuk menghasilkan oksigen.

“Jadi konsep dari relawan, konsep dari teknologi yang ingin kita kolaborasikan dengan gotong-royong masyarakat ini dapat kita tidaklanjuti lebih jauh,” imbuhnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *