Wagub Jateng Apresiasi Kampanye Peduli Ekosistem Laut

SEMARANG (Asatu.id) – Taj Yasin Maimoen mengapresiasi Cosmic: Eco Save Makes a Healthy Circle yang diadakan oleh mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro (FPIK Undip) di Jalan Pahlawan Semarang.

Wakil Gubernur Jawa Tengah tersebut menyampaikan rasa terimakasihnya atas langkah para mahasiswa FPIK Undip untuk menyelenggarakan kampanye sosial peduli kelestarian ekosistem laut dari ancaman sampah plastik ini. Ia berharap dengan adanya kampanye ini dapat membuka mata masyarakat untuk menjaga kondisi laut Indonesia.

“Pemprov Jateng menyampaikan terima kasih kepada adik-adik mahasiswa FPIK Undip dan komunitas pecinta alam yang pada hari ini menggelar acara Cosmic 2018. Kalau bisa, jangan hari ini saja diselenggarakan, tapi setiap minggu kita lakukan agar masyarakat nanti benar-benar peduli dan sigap beraksi menjaga ekosistem laut. Karena laut kita itu nomor dua terbanyak di dunia, penyumbang sampah plastik,” tuturnya usai acara Car Free Day (18/11).

Selain memperhatikan ekosistem laut, Wakil Gubernur yang kerap disapa Gus Yasin tersebut juga mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan alam. Kepedulian dapat diwujudkan dengan mengikuti gerakan menanam pohon, dimulai dari sekitar tempat tinggal masing-masing supaya lingkungan menjadi ijo royo-royo.

“Ayo siapa yang mau menanam pohon, silakan. Sehingga alam kita menjadi ijo royo-royo. Yang tinggal di dekat perairan laut bisa menanam pohon-pohon yang akarnya kuat, sehingga jika hujan deras, longsor tidak terjadi,” ujar Gus Yasin.

Bersama para mahasiswa FPIK Undip, mantan anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah itu juga berkeliling kawasan Simpang Lima Semarang, untuk mengajak masyarakat yang mengikuti car free day (CFD) agar memunguti sampah yang ada di sekitarnya. (bud)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *