Penuhi Janji, Ganjar Pranowo Serahkan Titipan Pekerja Jateng ke Menaker

JAKARTA (Asatu.id) – Sesuai janjinya kepada perwakilan buruh Jateng yang menemuinya Minggu (17/11), Gubernur Ganjar Pranowo akhirnya menyerahkan dokumen masukkan penetapan UMK dari serikat buruh di Jawa Tengah kepada Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Hanif Dhakiri, Senin (19/11), di Kantor Kemenakertrans.

Dokumen tersebut bakal jadi salah satu literatur politik ketenagakerjaan yang saat ini tengah disusun kementerian terkait.

“Sudah kami sampaikan apa yang jadi aspirasi kawan-kawan sore kemarin kepada Pak Menteri. Tadi kami berikan masukan cara menyusun formula bagaimana perspektif buruh terhadap cara menghitungnya kita sampaikan. Bahkan seluruh dokumennya kami sampaikan,” kata Ganjar.

Ganjar menuturkan, dalam menyikapi kenaikan UMK beberapa daerah di Indonesia yang lebih tinggi dari yang tercantum dalam PP 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, pihaknya tidak mau grusa-grusu.

Menurut Ganjar, pihaknya lebih mengedepankan dialog antara buruh, pengusaha, dan pemerintah. Pihaknya khawatir jika tingginya persentase kenaikan upah justru merugikan semua pihak.

Perwakilan Federasi Serikat Pekerja dan Buruh menemui Ganjar Pranowo di Rumah Dinas Gubernur Jawa Tengah (Puri Gedeh), Minggu (18/11) sore. Para buruh membawa usulan kenaikan upah berdasarkan survei.

Akhirnya gubernur setuju dan berjanji membawa formula tersebut kepada Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri di Jakarta. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *