Inilah Keseruan Kampanye Publik Partisipasi Anak di Hutan Wisata Tinjomoyo

SEMARANG (Asatu.id) – Dalam rangka memperingati Hari Anak Sedunia 2018 (World Children’s Day/United Nations Universal Children’s Day – 20 November 2018) mendatang, Yayasan Anantaka bersama Jaringan Peduli Anak di Kota Semarang menggelar kegiatan anak dengan tema ‘Berani Berekpresi, Wujud Partisipasi’,  di Hutan Wisata Tinjomoyo Semarang, Minggu (19/11).

Beragam kegiatan digelar untuk memeriahkan puncak acara Kampanye Publik Partisipasi Anak tersebut. Antara lain workshop kolase oleh Komunitas Kolasemauku, workshop menggambar oleh Taman Belajar Sobat Kecil, dolanan anak dan panggung Ekpresi.

Pegiat Kolasemauku Debby Janet mengatakan dalam kegiatan workshop kolase ini, anak-anak diberikan beberapa media untuk mereka bisa berekspresi. Misalnya melalui medium kertas yang dipotong menjadi beberapa object kemudian ditempelkan menjadi satu kesatuan.

“Kolase yang sudah dibuat bersama dalam rangkaian acara workshop sebelumnya oleh Forum Anak Kemijen kemudian hari ini akan direspon oleh anak-anak yang datang dari berbagai jaringan,” ujarnya.

Janet menambahkan kurang lebih ada 100 anak yang turut serta di dalamnya. Setiap anak diminta untuk memilih gambar yang mereka sukai kemudian menempelkannya.

“Dalam kegiatan ini dapat melatih anak-anak untuk percaya diri dengan pilihan gambarnya. Selain itu juga dapat melatih saraf motorik anak,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Bidang Pendidikan Yayasan Anantaka Tsaniatus Solihah mengatakan kegiatan ini dimaksudkan sebagai media untuk mengaktualisasikan potensi-potensi yang dimiliki anak-anak. Keberanian mereka mengekspresikan potensi diri, diharapkan mampu menjadi bekal mereka untuk berpartisipasi.

“Selain itu, tujuan kampanye publik ini adalah memberikan ruang partisipasi anak untuk menyampaikan pandangan nya melalui berbagai media yang disediakan, juga memberikan informasi ke masyarakat luas tentang penting nya partisipasi,” pungkasnya.

Dalam kesempatan ini juga ada pengukuhan Forum Anak Kelurahan Kemijen yang merupakan pilot project forum anak di level kelurahan. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *