Ketua DPRD Jateng Minta OJK Dorong Penyaluran Kredit Mikro

SEMARANG (Asatu.id) – Ketua DPRD Jateng, Rukma Setyabudi, menegaskan bahwa pihaknya mendukung kebijakan-kebijakan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang baru dalam masalah pembiayaan pembangunan. 
“Bagi pejabat baru diharapkan untuk membangun komunikasi dengan Pemprov Jateng, supaya kebijakan-kebijakan terkait pembiayaan usaha kecil maupun infrastruktur,” kata Rukma.Ketua DPRD sekaligus politisi PDIP itu menyampaikan hal tersebut saat menghadiri acara pelepasan dan serah terima jabatan (sertijab) Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional III Jateng dan DIY, Jumat (16/11).

Aman Sentosa dilantik menjadi Kepala OJK III Jateng-DIY yang baru menggantikan Bambang Kiswono yang menempati jabatan Advisor OJK pusat. Acara itu juga dihadiri Gubernur Ganjar Pranowo dan Sekda Jateng Sri Puryono.

Sementara Kepala Dewan Komisioner OJK, Wimbo Santoso, dalam penjelasannya menegaskan, ada beberapa poin yang dijanjikan kepada Pemprov Jateng. Pertama OJK siap membantu pembiayaan pembangunan infrastruktur melalui pasar modal, kredit.

“Kami mendukung Pemda untuk mengeluarkan obligasi daerah. Bagimanapun obligasi daerah sangat baik untuk menunjang infrastruktur,” ungkap Wimbo.

Selanjutnya, poin kedua membantu pembiayaan pada usaha-usaha mikro. Perlu dibentuk cluster-cluster yang fokus menggarap usaha mikro seperti UMKM perikanan, pertanian, perkebunan. Ketiga, mempercepat penyaluran kredit usaha rakyat (KUR).

Wimbo pun memuji pertumbuhan ekonomi Jateng pada kuartal III ini 5,25 persen atau lebih tinggi dari pertumbuhan tingkat nasional yang mencapai 5,1 persen. Namun demikian pencapaian itu perlu diimbangi sejumlah pertumbuhan lainnya. Seperti inflasi masih 3,5 persen di bawah rata-rata nasional. Bahkan penyaluran kredit pun hanya 8,2 persen lebih rendah dari nasional 12 persen.

Karena itulah Wimbo meminta kepada Kepala OJK Jateng-DIY yang baru Aman Sentosa bisa menaikkan persentase penyaluran kredit, terutama KUR dan mikro.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *