Dewan Apresiasi Rencana Pemkot Bangun Embung di Wilayah Mijen

SEMARANG (Asatu.id) – Ketua Komisi C Dewan Perwakiln Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Kadarlusman mengapreiasi rencana Dinas Pekerjaan Umum (DPU) yang akan membuat embung bervolume besar di kawasan Mijen, sebagai antisipasi terjadinya banjir akibat luapan Sungai Beringin.

“Banjir itu kan juga faktor alam ya tapi paling tidak upaya yang dilakukan oleh Pemkot Semarang ini harus kita dukung, semoga saja setelah embung selesai, nantinya air yang dari atas itu bisa tertampung dulu sehingga tidak langsung masuk ke sungai Beringin dan Plumbon,” Katanya, Kemarin.

Akan tetapi lanjut, Politisi PDI Perjuangan itu mengungkapkan, pembutan embung bukan berarti dpt mengatasi masalah secara keseluruhan. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh Pemkot Semarang saat ini hanya bersifat sementara. Pembuatan Embung ini, menurutnya, memang akan mengurangi debet air. Namun solusi pasti bagi masyarakat yang tinggal disekitarnya yakni normalisasi Sungai Beringin.

“Sungai Beringin inikan kewenangannya sudah di Kementerian PU, dalam hal ini BBWS, memang dilematis juga, satu sisi masyarakat sangat berharap sekali itu segera, tapi di sisi lain Pemkot Semarang tidak bisa langsung menangani itu,” jelasnya.

Pilus menilai dengan tertundanya proses normalisasi ini tentunya menjadi ancaman bagi masyarakat yang tinggal di daerah-daerah rawan banjir. Di sisi lain, musim penghujan yang datang ini pun membuat ketakutan dan kewaspadaan meningkat

“Untuk normalisasi, bukan pelebaran tetapi pengerukan sedimentasi dan pulau-pulau sungai. Sekarang kan Plumbon dan Beringin itu sudah kelihatan luas sekali. INi mudah mudahan dapat memperlancar arus,” harapnya.

Sementara itu, Pilus mengimbau juga kepada pemerintah maupun masyarakat untuk mengantisipasi kondisi tersebut dengan memperkuat tanggul-tanggul.

“Antisipasi sementara bisa pembuatan tanggul rusak dengan karung pasir, dan bambu,” imbuhnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *