Atasi Banjir Luapan Sungai Beringin, DPU akan Bangun Embung Bervolume Besar di Mijen

SEMARANG (Asatu.id) – Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang berencana akan bangun embung bervolume besar di Kecamatan Mijen. Pembangunan embung tersebut sebagai upaya pengendalian banjir yang tiap tahun terjadi di wilayah Tugu, Mangkang Kota Semarang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang Iswar Aminudin mengatakan, pembangunan embung akan terletak di hulu Sungai Beringin di daerah Kecamatan Mijen.

“Untuk mengantisipasi Run-Off yang begitu besarr dari atas kemudian langsung turun ke bawah. Dengan adanya embung itu, nantinya air akan kita tampung dulu diatas, baru kemudian jika kondisi sudah tidak hujan air kita lepa,” katanya, Kemarin.

Selain pembuatan embung, Lanjut Iswar saat ini pihaknya terus melakukan upaya dengan mengajukan upaya program normalisasi Sungai Beringin kepada Pemerintah Pusat melalui Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Jika tidak bisa dilakukan upaya normalisasi dengan cara pengerukan, makan nantinya akan dibuat saluran baru di Sungai Beringin. Bisa juga dengan alternatif lain yakni dengan membuat polder-polder di beberapa titik sepanjang Sungai Beringin,” ungkapnya.

Sementara dengan pengajuan ke Pemerintah Pusat tersebut, Iswar memastikan proyek normalisasi dan perbaikan saluran Sungai Beringin kemungkinan akan dimulai pada tahun 2019 mendatang.

“Tahun ini untuk normalisasi Sungai Beringin dari Pemerintah pusat belum, kemungkinan tahun depan,” imbuhnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *