Kemenaker Serahkan Sertifikat Kompetensi kepada 1000 Peserta Uji

Dirjen Binalattas Kemenaker RI, Bambang Satrio Lelono saat mengisi sambutan acara penyerahan 1000 sertifikat kompetensi tahun 2018 kepada peserta Uji Kompetensi LSP P2 BBPLK di aula BBPLK Semarang, Selasa (13/11).  (Humas kemenaker/dok)

SEMARANG (Asatu.id) – Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI) menggelar acara Penyerahan 1000 Sertifikat Kompetensi Tahun 2018 kepada peserta Uji Kompetensi LSP P2 BBPLK di aula BBPLK Semarang, Selasa (13/11).

Rangkaian acara diawali dengan sambutan Dirjen Binalattas Kemenaker RI, Bambang Satrio Lelono.

Ia menjelaskan, penyerahan sertifikat kompetensi di BBPLK Semarang bertujuan untuk memberikan penghargaan dan pengakuan secara langsung kepada para peserta pelatihan BBPLK Semarang.

“Hal tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM melalui pelatihan berbasis kompetensi dan uji kompetensi. Sertifikat kompetensi ini menjadi modal para peserta pelatihan untuk memasuki dunia kerja di era industry 4.0 sekarang ini,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, acara ini bertujuan untuk menyosialisasikan sertifikat kompetensi kepada para perusahaan/ industri.

“Diharapkan dengan ajang sosialisasi, seperti ini lebih banyak perusahaan yang menyadari akan manfaat mempekerjakan pekerja bersertifikat kompetensi,” jelasnya.

Sertifikat kompetensi diberikan kepada 1.000 peserta, mewakili 2.513 orang yang kompeten. Sedangkan sertifikat pelatihan soft skills diberikan kepada 200 orang, mewakili 445 orang peserta pelatihan soft skill bagi pemuda difabel dan rentan.

Dalam rangkaian acara ini dilakukan pula penandatanganan MoU antara Dirjen Binalattas dengan TWI (The Welding Institute) untuk meningkatkan kualitas pelatihan SDM di Indonesia.

Karya-karya siswa BBPLK Semarang program pelatihan fashion technology juga ditampilkan dalam acara ini.

Selain itu juga digelar acara Job Fair bertajuk “Sinergi Youth Career Fest 2018” yang diikuti 75 perusahaan terkemuka. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *