41 Stasiun Pompa Bantu Cegah Limpasan Sungai Kota Semarang

SEMARANG (Asatu.id) – Plt Kabid Sumber Daya Air dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang Isworo mengungkapkan, Pemerintah Kota Semarang telah melakukan penanganan untuk mengurangi limpasan sungai saat memasuki musim hujan.

Isworo mengaku, sebanyak 41 stasiun pompa telah dikerahkan di sungai-sungai Kota Semarang untuk mengurangi adanya limpasan yang dimungkinkan akan turut menggenangi jalan selama hujan.

“Banjir Kanal Timur dulu melimpas tapi harapan kita sudah tidak ada limpasan. Kemudian yang di daerah Barito dulu kan juga ada limpasan, dengan ini harapan kita jadi mengurangi kesempatan itu,” terang dia.

Meskipun telah ada 41 pompa dan beberapa pompa potable, namun ia mengaku limpasan belum sepenuhnya teratasi di semua sungai. Hal itu lantaran jumlah pompa tetap seperti tahun sebelumnya, sehingga pihaknya menunggu adanya normalisasi pompa yang lebih besar di titik tertentu untuk mencegah banyaknya limpasan.

“Kali Banter dan Kali Semarang Indah itu sudah ada stasiun pompanya. Kalau Semarang Indah Mungkin tahun depan Pemkot akan menormalisasi dengan pompa yang lebih besar,” tambah dia.

Sementara itu, Isworo melanjutkan, selama musim hujan ini ia mengaku pihaknya akan terus melakukan pantauan terhadap kerja pompa yang telah terintegrasi di tiap titik sungai untuk dilakukan pengecekan secara berkala.

“Kami terus melakukan pemantauan dengan sistem pemantau pompa. Jadi kalau misalnya lagi hujan dapat diketahui jalan atau tidaknya pompa,” tukasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *