Masuk Top 10 Pengelolaan Pengaduan, Jateng Raih Piala Anggakara Birawa

JAKARTA (Asatu.id) – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terpilih menjadi Top 10 Pengelolaan Pengaduan Masyarakat, sehingga berhak atas Piala Anggakara Birawa.

Penghargaan tersebut diserahkan Menteri PAN RB RI Syafruddin kepada Gubernur Jawa Tengah yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Tengah, Dadang Somantri, saat penutupan Pameran Internasional Public Service di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (8/11).

Hal yang melatarbelakangi pemberian penghargaan itu, yakni semakin terbukanya Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di era kepemimpinan Gubernur Ganjar Pranowo terhadap pengaduan masyarakat. Hal itu pula yang akhirnya diapresiasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB Diah Natalisa menyampaikan, Anggakara Birawa berarti pahlawan yang berani melapor. Piala Anggakara Birawa menggambarkan para pelapor dan pengelola pengaduan merupakan pahlawan bagi pelayanan publik.

Ditambahkan, ada 21 indikator penilaian penghargaan tersebut. Salah satunya, komitmen pimpinan yang dinilai sangat penting. Dan Jawa Tengah memiliki pimpinan yang berkomitmen membuka luas komunikasi dengan masyarakat, termasuk membuka layanan pengaduan.

Diah berharap, laporan yang masuk jangan dijadikan sesuatu yang tabu. Lebih dari itu justru dapat sebagai masukan atau feedback bagi jajaran pemerintahan maupun lembaga publik, untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat.

“Dengan masuknya aspirasi masyarakat, menjadi ruang bagi kita untuk dapat mengetahui mana yang kita kurang, dan yang lebih penting lagi bagaimana tindak lanjut supaya pelayanan bisa lebih baik,” bebernya. (bud)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *