Perlu Mengundang Tokoh-tokoh Besar untuk Gambarkan Peliknya Perjuangan

SEMARANG (Asatu.id) – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengatakan, anak-anak zaman sekarang sudah kesulitan menggambarkan peliknya perjuangan merebut kemerdekan. Karena itu, dia merasa perlu mengundang tokoh-tokoh besar di negara yang berkonflik, seperti Yaman dan Syuriah ke Indonesia.

Menurut Wagub, tokoh-tokoh besar itu bisa diminta menceritakan bagaimana peperangan yang tidak berkesudahan menimbulkan banyak dampak negatif, yang membuat rakyat menderita.

“Mereka itu pelaku yang menyaksikan peperangan di zaman sekarang, sehingga bisa diminta menceritakan kepada generasi di sini. Bagaimana perang menimbulkan banyak dampak yang tidak mengenakkan. Dengan begitu akan memunculkan gambaran yang lebih nyata dan menumbuhkan semangat persatuan,” tutur Wagub.

Pria yang akrab disapa Gus Yasin itu menyampaikan hal itu saat menjadi nara sumber Dialog Suara Jateng “Semangat Pahlawan Masa Kini”, di Studio Mini Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa (6/11).

Di samping itu, kata Wagub, tokoh-tokoh besar di Indonesia juga diminta bisa memberikan teladan yang baik kepada generasi muda. Dia mencontohkan, dalam pesta demokrasi, hendaknya para calon berkampanye dengan santun. Saling merangkul satu dengan yang lain. Sehingga, tercipta suasana yang adem. Seperti dalam pelaksanaan pemilihan gubernur Jateng tahun ini.

“Dalam Islam juga diajarkan hubbul wathon, cinta tanah air. Di mana semua harus tahu pengorbanan pahlawan. Ketika tahu tujuan berjuang, kita akan bisa menghormati pejuang kita. Tidak mencemooh, tidak mencela, tidak mengoreksi apa yang dilakukan pahlawan,” ungkap mantan anggota DPRD Jawa Tengah ini.

Selain Wagub, dialog itu juga menampilkan nara sumber Ketua DPD Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Jawa Tengah, Kol (Purn) MA Munadjat, Sekjen Karang Taruna Jateng I Gede Ananta Wijaya, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah Nurhadi Amiyanto dan Kepala Sekolah SMA N 1 Semarang Endang Suyatmi Listyaningsih.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *