Tekankan RPJMD, Ganjar Targetkan Angka Kemiskinan Jateng Turun

SEMARANG (Asatu.id) – Mengawali Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) lima tahun ke depan yakni 2018-2023, Jawa Tengah menargetkan angka kemiskinan turun hingga 7,48% dan pertumbuhan ekonomi terus mengalami peningkatan.

Hal itu dikatakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memberikan sambutan dalam Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan yang dilaksanakan di halaman Gedung Gubernur Jawa Tengah, Senin (5/11).

Dalam sambutannya itu, di sisi ucapan selamat kepada para penyandang jabatan baru Ganjar juga menekankan target pertumbuhan ekonomi tahun 2023 mencapai 5.7%, angka pengangguran Jateng akan turun pada angka 4% dan IPM meningkat sebesar 73,00 persen.

Berdasarkan hitungannya, di hadapan wajah pejabat baru ia meminta untuk bersama-sama dengan sikap optimisme dan realistis di tengah semakin baiknya iklim investasi dan usaha, inflasi yang terkendali dan upaya untuk terus mendorong peningkatan kualitas SDM di Jateng.

“Saya paham, pencapaian target-target ini tentu bukan hal yang mudah. Saya telah meminta Bupati/Walikota se-Jateng untuk ikut nyengkunyung pencapaian target tersebut, karena mustahil kalau hanya kerja Provinsi saja,” terang Ganjar.

Ganjar menjelaskan, kerja Provinsi akan sangat ditentukan dari kerja sama untuk turut membantu pencapaian target-target tersebut. “Anda kerja keras, anda kerja ikhlas dan cerdas, insya Allah target tersebut bisa tercapai,” tegas dia.

Selanjutnya, Ganjar mengaku bersama Wagub akan turut membantu mencarikan solusi jika ditemukan persoalan. Sementara itu, dia menekankan ide dan orisinil gagasan diserahkan kepada para pejabat baru itu untuk daerahnya masing-masing sehingga RPJMD 2018-2023 nantinya dapat mencapai target.

“Saya berharap betul rekan-rekan semua tidak pernah kering memunculkan ide segar. Maka kemampuan untuk dapat membuat terobosan-terobosan produktif dan mendorong lahirnya kreativitas serta inovasi atas potensi yang dimiliki harus dioptimalkan dengan disertai menjaga sikap jujur dan integritas,” harapnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *