Generasi Muda Perlu Pahami Proses Legislasi di Pemerintahan

SEMARANG (Asatu.id) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Juliari P Batubara mengatakan, generasi muda khususnya mahasiswa sangat penting untuk memahami proses legislasi, yakni mengetahui bagaimana produk undang-undang yang berlaku diproses.

“Sangat perlu dikenalkan sejak dini, apalagi kepada para mahasiswa. Bagaimana produk undang-undang digodok dan kemudian disahkan,” katanya, usai menjadi pembicara di hadapan peserta yang seluruhnya kalangan senat mahasiswa dengan tajuk “Unnes Legislatif Training” yang berlangsung di Universitas Negeri Semarang (Unnes), Sabtu (3/11).

Politisi PDI Perjuangan itu mengungkapkan, sebagai wakil rakyat yang saat ini tengah mengemban amanah, Ia mengaku siap memberikan bekal pengalaman, pengetahuan, dan penjelasan kepada masyarakat mengenai proses legislasi yang ada di Pemerintahan.

“Kapan saja apabila diperlukan, saya sebagai wakil dari rakyat siap memberikan penjelasan kepada masyarakat, khususnya kepada para mahasiswa,” ungkapnya.

Ari sapaan akrab Juliari P Batubara menjelaskan, kampus menjadi tempat untuk belajar banyak hal, termasuk belajar berpolitik. Seperti halnya keberadaan organisasi Senat Mahasiswa didalam kampus dapat menjadi bekal dan pengetahuan bagi mahasiswa untuk berpolitik.

“Organisasi Senat Mahasiswa bisa menjadi salah satu tempat untuk belajar untuk mereka bisa masuk ke dunia politik. Dan ini merupakan kegiatan yang sangat bagus,” ungkapnya.

Namun demikian, lanjut Ari, memahami proses legislasi dan belajar berpolitik juga harus dibekali dengan pendidikan karakter yang kuat. Hal ini mengingat, bagi seorang mahasiswa pintar secara akademis saja tidak cukup jika tidak ditunjang karakter yang kuat.

“Harus diperkuat pendidikan karakter, bila perlu jam belajar pendidikan karakter perlu ditambah,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Keluarga Mahasiswa Unnes Elvan Ardi mengatakan, mahasiswa merupakan salah satu elemen muda generasi penerus bangsa. Sehingga sangat penting bagi seorang mahasiswa u tuk mengetahui tentang legislatif.

“Dengan adanya seminar ini, kami termotivasi. Disini juga kami belajar tentang ruang lingkup perundang-undangan,” imbuhnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

1 Respon

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *