Antisipasi Pemilih Ganda, Komisi A DPRD Jateng Keliling Daerah

SEMARANG (Asatu.id) – Komisi A DPRD Jateng terus melakukan pantuan tentang administrasi kependudukan yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), terutama menghadapi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Hal itu dilakukan agar pada saat pesta demokrasi dimulai setiap warga tidak kehilangan hak pilihnya. Di sisi lain, juga jangan sampai ada data pemilih ganda.

“Kami ingin mengetahui sejuah mana perkembangan administrasai kependudukan. Karena hal itulah yang menjadi patokan yang nantinya menjadi daftar pemilih yang berhak atas Pileg dan Pilpres 2019 mendatang,” kata Sekretaris Komisi A DPRD Jateng Ali Mansyur HD, saat bersama rombongan dewan di Kantor Disdukcapil Kabupaten Kendal, belum lama ini.

Menjawab hal itu, Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Kabupaten Kendal, Akhyan mengaku, sampai sekarang masih banyak permasalahan terkait administrasi kependudukan, baik perekaman KTP-El, penerbitan KK maupun Akte.

Diungkapkannya, sampai Oktober 2018 di Kendal masih ada 25.466 penduduk yang belum rekam KTP dan 18.520 masih dalam proses pengajuan cetak KTP-El. Selain itu, ada pula 283 penduduk masih memiliki data ganda.

“Secara umum permasalahan di kabupaten/ kota hampir sama yaitu material KTP-El karena pengadaannya merupakan wewenang pemerintah pusat. Kami di Kabupaten tidak bisa memprediksi ketersediaan keping KTP-El yang akan dicetak karena setiap daerah dibatasi oleh pusat,” ungkap Akhyan.

Komisi A DPRD Jateng mengapresiasi kinerja Disdukcapil Kabupaten Kendal karena telah melakukan pelayanan secara maksimal. Saran untuk ke depannya yakni setiap bulan harus selalu dilakukan pantauan data base pada sistem pemutakhiran data, pembersihan data anomali untuk mengecek data duplikat, dan warga yang telah meninggal. Harapannya, permasalahan adminduk di kabupaten/ kota bisa diminimalisasi. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *