Pesta Sejuta Buku Semarang Hadirkan Buku dengan Harga Terjangkau

SEMARANG (Asatu.id) – Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Muhammad Masrofi berharap pameran buku dapat menawarkan harga buku yang terjangkau, sehingga dapat menumbuhkan minat baca masyarakat.

“Saya sudah meminta secara khusus kepada panitia untuk menampilkan buku-buku yang harganya terjangkau oleh masyakarat,” kata Muhammad Masrofi pada pembukaaan Pesta Sejuta Buku Semarang di di Auditorium Imam Bardjo Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Kamis (1/11).

Pameran Pesta Sejuta Buku Semarang ini berlangsung mulai Kamis (1/11) hingga 7 November. Pameran ini menampilkan buku-buku yang menarik, mulai dari buku fiksi dan nonfiksi.

“Kalau harga terjangkau, buku pengetahuan, novel, buku-buku pelajaran, remaja dan sebagainya dapat dinikmati masyarakat luas. Tujuannya agar buku seperti ini dapat tersebar di masyarakat dan akhirnya dapat meningkatkan minat baca masyarakat,” ujar Masrofi.

Ia menambahkan, hasil kajian yang disampaikan Menteri Sri Mulyani Indrawati, Indonesia memiliki ketertinggalan 45 tahun untuk menyamai minat baca yang setara negara maju, serta 75 tahun dalam ilmu pengetahuan.

Masrofi menilai hal ini menjadi tantangan pemerintah untuk mempercepat peningkatan akibat tertinggal  45 tahun soal budaya membaca dengan negara lain.

“Saya apresiasi pameran ini. Memang, kemajuan dari budaya membaca tidak bisa dirasakan langsung. Namun peningkatan ilmu pengetahuan akan dirasakan oleh anak cucu kita kelak,” imbuhnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *