Jawa Tengah Raih Penghargaan Adibahasa

JAKARTA (Asatu.id) – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, memberikan penghargaan kepada tiga provinsi Adibahasa dalam Kongres Bahasa Indonesia (KBI) ke-XI di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Minggu (28/10) malam.

Ketiga provinsi tersebut adalah Provinsi Jawa Tengah sebagai penerima penghargaan kategori besar, Provinsi Jambi pada kategori provinsi sedang, dan Provinsi Sulawesi Barat pada kategori provinsi kecil.

“Saya mengucapkan selamat kepada penerima penghargaan. Semoga dapat memberikan motivasi lebih dalam mendukung penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, khususnya di ruang publik,” ujar Mendikbud, Muhadjir Effendy.

Selain penghargaan kepada tiga provinsi tersebut, diberikan juga penghargaan kepada 13 orang pegiat bahasa, terdiri atas tiga kategori, yakni kategori Sastra diberikan kepada Rida K. Liamsi (kumpulan puisi), Eka Kurniawan (kumpulan cerpen), Martin Suryajaya (novel), Ziggy Zezsyazeoviennazabriezkie (novel), Akhudiat (naskah drama), dan Hasan Aspahani (esai sastra).

Selanjutnya penerima penghargaan pada kategori Tokoh Kebahasaan dan Kesastraan diberikan kepada Arif Sulistiono (tokoh kepemudaan), I Komang Warsa (tokoh pendidik/tenaga kependidikan), Nursida Syam (pegiat literasi), dan Felicia N. Utorodewo (pegiat diplomasi kebahasaan di kawasan ASEAN).

Adapun untuk kategori Duta Bahasa Tingkat Nasional 2018 diberikan kepada Agatha Lydia Natania dan Nursidik (Terbaik I), Hilma Ramadina dan Faisal Meinaldy (Terbaik II), dan Ainna Khairunnisa dan Almuarrif (Terbaik III). (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *