Ada Anak-anak di Lokasi Kampanye, Bawaslu Jateng Tegur Panitia

SEMARANG (Asatu.id) – Bawaslu Provinsi Jawa Tengah (Jateng) menegur  panitia kegiatan kampanye yang dilakukan calon wakil Ppesiden (Cawapres) nomor 2, Sandiaga Shalahudin Uno, di Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis (26/10).

Bawaslu Jateng beralasan kegiatan kampanye yang berlangsung di Gedung Yomani, Slawi itu melibatkan kalangan anak-anak.

“Kampanye Sandi di Slawi menurut kacamata kami (Bawaslu) ada persoalan, karena melibatkan anak-anak. Terkait itu kami memberi teguran ke pihak panitia,” ujar Heru Cahyono, Komisioner Bawaslu Jateng Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa.

Menurut Heru yang melakukan peninjauan langsung kegiatan kampanye Sandi di Tegal, memang ada ketentuan yang melarang pelibatan anak-anak pada kegiatan kampanye.

Heru mengaku pihaknya sudah mengingatkan pihak panitia untuk bertanggung jawab agar tidak melibatkan anak-anak selama kampanye.

Namun pihak panitia, menurut Heru, malah menyangkal bahwa anak-anak tidak ada dalam kegiatan kampanye ini.

“Kami sudah memberi teguran, karena kami melihat sendiri ada (anak-anak di lokasi kampanye). Tapi pihak panitia menyangkal tidak ada. Jadi ada perbedaan antara kami dengan panitia,” tutur Heru.

Heru pun mempersilakan jika ada masyarakat lain yang mempersoalkan kampanye Sandi yang diselenggarakan oleh panitia, dan mempersilakan agar melapor ke Bawaslu terdekat.

“Panitia tidak boleh menyelenggarakan kampanye yang mengandung unsur hoax, money politics, dan anak-anak. Ini ada ketentuannya. Maka jika ada yang tidak terima dengan teguran kami, silakan mendatangi Bawaslu,” pungkasnya. (is)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *