Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda Lintas Agama Dimulai Sore Ini

SEMARANG (Asatu.id) – Puncak Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda Lintas Agama 2018 dimulai sore ini, Jumat (26/10). Acara ini diadakan Komisi Hubungan Antar Agama Keuskupan Agung Semarang (HAK KAS) bersama Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Semarang.

Romo Aloys Budi Purnomo selaku ketua Komisi HAK KAS menjabarkan, rangkaian acara akan digelar selama tiga hari mulai Jumat (26/10) sore hingga Minggu (28/10) di Ruang Semar UTC Semarang.

Dalam konferensi pers, Kamis (25/10) sore, Ketua Komisi HAK KAS yang kerap disapa Romo Budi tersebut mengungkapkan Muda, Bergembira dan Bersaudara merupakan tema yang diusung dalam Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda tahun ini. Ia menambahkan tiga hal tersebut sekaligus sebagai tujuan dari adanya acara Srawung ini.

“Muda, bergembira dan bersaudara ini kita ingin anak muda dibangun oleh kesadaran untuk berjiwa nasionalis dan relijius sesuai dengan kepercayaan masing-masing, serta bersama-sama membangun persaudaraan sejati antar orang muda,” ungkap Romo Budi.

Bersamaan dengan konferensi pers, acara resmi dibuka di halaman depan UTC Semarang dengan pelepasan burung merpati sebagai simbol perdamaian. Selain itu adanya pemotongan tumpeng sebagai tanda acara Srawung Persaudaraan Sejati Orang Muda resmi dibuka, dengan diawali doa dari beberapa tokoh lintas agama di Semarang.

Selama tiga hari nanti akan diadakan model ekspresi seni dan budaya, edukasi, sharing dan diskusi serta selebrasi multikultur. Acara puncak bertepatan pada perayaan Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2018 akan ada deklarasi tekaad kerjasama pasca-Srawung di empat kota. Hal ini diharapkan dapat menjalin kerjasama yang berkelanjutan antar peserta.

“Dengan demikian Srawung ini tidak mandeg, melainkan bergerak mengalir laksana air segar yang terus memberikan kesembuhan atas dahaga terjadinya persaudaraan dan terwujudnya peradaban kasih bagi masyarakat Indonesia yang sejahtera, bermartabat, dan beriman apa pun agama dan kepercayaannya,” pungkasnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *