Masuk Musim Hujan, Aja Lali Resik-Resik Kali

SEMARANG (Asatu.id) – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta seluruh masyarakat Jawa Tengah meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan khususnya masyarakat di daerah rawan bencana, sehubungan dengan telah tibanya musim hujan.

Ganjar menyampaikan, pemerintah telah berupaya melakukan penanggulangan bencana di musim penghujan seperti longsor dan banjir sejak jauh-jauh hari.

“Meski begitu masyarakat harus terlibat. Saya beberapa waktu lalu berkunjung ke Klaten dan di sana mengikuti kegiatan resik-resik kali (bersih-bersih sungai). Klaten sudah ada sekolah sungai, mereka sudah cukup lama membersihkan sungainya dan berjalan bagus,” kata Ganjar, Kamis (25/10).

Ia meminta daerah lain untuk meniru kegiatan tersebut dengan giat membersihkan sungai di daerah masing-masing.

“Saya selalu mengingatkan untuk mengantisipasi banjir, ayo bergotong royong membersihkan sungai dan saluran, setiap hari Jumat kita galakkan bersih-bersih sungai,” tambahnya.

Meski begitu, Ganjar mengingatkan kepada daerah rawan bencana banjir untuk siaga dan mengantisipasi datangnya banjir bandang yang sudah menjadi langganan.

“Saya selalu mengingatkan kepada daerah rawan banjir untuk segera menggerakkan tim risiko bencana. Beberapa daerah memang harus diwaspadai musibah banjir, terutama di Kudus, Pati, Kebumen,” terangnya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *