Wagub ke JIIPE Gresik, Jajaki Pembangunan Pelabuhan Terintegrasi

SEMARANG (Asatu.id) – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, melakukan kunjungan kerja ke Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, Selasa (23/10).

Kunjungan itu untuk belajar dan menjajaki pembangunan pelabuhan yang terintegrasi dengan kawasan industri, perumahan, serta infrastruktur lainnya. Sehingga investasi dan iklim ekonomi Jawa Tengah semakin tumbuh.

Wakil gubernur yang didampingi Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo dan perwakilan SKPD terkait lainnya, ditemui oleh Direktur JIIPE, Henri Handoko dan jajaranya.

“Saya sangat mengapresiasi keberadaan JIIPE ini sebagai kawasan terintegrasi berskala nasional. Kami ingin belajar bagaimana mekanisme pengelolaan kawasan industri yang terintegrasi dengan pelabuhan seperti JIIPE ini,” ujar Taj Yasin.

Ditambahkan, pelabuhan JIIPE merupakan model pelabuhan yang ideal karena keberadaannya dapat menekan biaya produksi maupun distribusi barang. Apabila berbagai sektor perusahaan berada dalam satu kawasan atau terintegrasi dengan pelabuhan, tol, jalur kereta api, perumahan, serta keperluan lainnya maka akan memberikan kontribusi positif terhadap efisiensi biaya logistik.

Melalui kunker ini, lanjut dia, diharapkan dapat mengetahui mekanisme penyelenggaraan kawasan industri yang terintegrasi dengan pelabuhan. Termasuk pengelolaan skema, penguasaan lahan, dan potensi interland sebagai pengguna pelabuhan, serta memiliki gambaran multimoda yang tepat diterapkan di Jawa Tengah.

Pelabuhan JIPE merupakan pelabuhan multifungsi dan menjadi gerbang perdagangan nasional dan internasional. Pelabuhan tersebut menjadi salah satu pelabuhan dengan dermaga terpanjang di Indonesia yang mampu mengakomodasi kapal-kapal besar bermuatan lebih dari 100.000 ton. (bud)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *