Wagub Berharap Lulusan IKIP Veteran Siap Berkompetisi

SEMARANG (Asatu.id) – Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen menegaskan, lulusan IKIP Veteran Semarang harus siap berkompetisi secara global. Terlebih, dengan adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), yang membuat mereka tidak hanya bersaing dengan lulusan perguruan tinggi dalam negeri.

“Tuntutan bersaing tidak hanya pada lingkup lokal, tapi juga internasional. Pekerja asing yang masuk ke Indonesia sudah banyak. Mereka datang ke negara kita bukan untuk menjajah, melainkan mengajak kita bersaing untuk membangun NKRI,” kata Taj Yasin saat menghadiri acara Sidang Terbuka Senat IKIP Veteran Semarang Wisuda Sarjana Strata I Ke-59 di Patra Jasa Hotel, Senin (22/10).

Putera ulama kharismatik KH Maimoen Zubair itu juga menyampaikan pesan khusus kepada para calon guru yang lulus dari IKIP Veteran Semarang. Mereka diminta untuk menjadi guru panutan, karena peran guru tidak hanya mencerdaskan siswa-siswinya, namun juga membentuk karakter anak bangsa.

“Ciptakanlah model pendidikan yang menggembirakan. Sehingga belajar menjadi aktivitas yang dikangeni, digandrungi oleh anak-anak didik kita. Mereka datang ke sekolah bukan hanya suatu kewajiban, tapi sebagai motivasi bersama memberikan dedikasi untuk bangsa,” pesan mantan anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah ini.

Taj Yasin menambahkan, tidak semua lulusan perguruan tinggi dapat terserap dunia kerja. Pada Mei 2018, jumlah angkatan kerja di Jawa Tengah sebanyak 18,23 juta orang dengan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 4,23 persen. Hal itu menunjukkan peluang bagi lulusan perguruan tinggi untuk merintis dan menggeluti usaha.

Wagub mencontohkan sosok Jack Ma yang semula sulit memperoleh pekerjaan, namun kini justru sukses dengan perusahaan commerce terbesarnya di Tiongkok.

“Jack Ma setelah lulus studi melamar di beberapa tempat tapi selalu gagal. Dengan semangatnya, dia justru membuat lapangan kerja sendiri, kemudian sekarang menjadi salah satu orang terkaya di China. Jika memang tidak diterima kerja, mari kita ciptakan lapangan kerja untuk masyarakat luas. Mari kita berinovasi dan berkreasi untuk membuat lapangan kerja itu,” ajaknya lalu disambut tepuk tangan para wisudawan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *